Sembari Olahraga, Ratusan Warga Bersihkan Sampah Plastik di Pantai Biaung

Sabtu, 09 Maret 2019 : 15.28
Denpasar - Ratusan warga dan berbagai elemen lainnya membersihkan sampah plastik yang mengotori Pantai Biaung, Desa Kesiman Kertalangu Kecamatan Denpasar Timur, Sabtu (9/3/2019).

Berbekal kantong sampah dan alat penjepit sampah puluhan anggota Komunitas dari Trash Hero, Komunitas Nuduk Sampah Plastik (KNSP), berbaur dengan alumni Smansa ’84, dalam kegiatan aksi kepedulian lingkungan.

Ketua TP PKK Denpasar Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra ikut serta dalam kegiatan ini yang juga diisi dengan kegiatan senam sehat. Aksi bersama juga didukung masyarakat setempat yang melakukan kegiatan berolahraga di pantai setempat.

Menyusuri lingkungan pantai setempat, Selly ikut mengorek sampah organik yang tercampur dengan sampah plastik. “Banyak kita temukan sampah plastik seperti sedotan plastik, stayrofoam terpotong-potong, hingga menuman kemasan,” ujar istri Wali Kota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra ini.

Kata dia, kegiatan melibatkan para komunitas tepat dilakukan dalam aksi peduli bersama ini menjadi sebuah edukasi tidak saja sebagai kegiatan pelestarian, kepariwisataan dan lingkungan juga menjadi edukasi bersama dalam keberlangsungan lingkungan ke depan.

Apalagi, disiplin masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan terus disosialisasikan Pemkot Denpasar.

Edukasi dilakukan lewat terbentuknya kampung hijau bersama pihak kelurahan/desa serta kecamatan. Disamping itu pihaknya juga memunculkan gagasan kreatif untuk menyulap sampah plastik, terutama bekas pembungkus makanan untuk dijadikan tamiang.

Sampah plastik bekas makanan tersebut dipadukan dengan janur ataupun ental, sehingga tampilan tamiang menjadi menarik dan dapat digunakan sebagai hiasan dalam acara-acara resmi, seperti pernikahan, hiasan panggung kreatifitas seni dan lainnya. (rhm)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru