menu
search

Kepala BNPB Kumpulkan Relawan Penanggulangan Bencana se-Indonesia di Bali

Kamis, 28 Maret 2019 : 08.07
Kepala BNPB Letjen Doni Monardo menghadiri pertemuan relawan penanggulangan bencana (Dharma Relawan Adhirajasa (DRA) di Buleleng, Bali/foto:BPBD Bali
Buleleng - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo mengumpulkan para relawan penanggulangan bencana se-Indonesia di Buleleng, Bali.

Acara yang disebut Dharma Relawan Adhirajasa (DRA) mulai 26 - 28 Maret 2019 bertempat di Bumi Perkemahan (Camping Ground) Nangun Kerti, Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.

Diketahui, DRA adalah ajang temu relawan penanggulangan bencana (PB) untuk saling berinteraksi, berkomunikasi dan peningkatan kapasitas serta bentuk apresiasi kepada relawan PB yang telah berkiprah dalam PB.

Kepala BPBD Provinsi Bali I Made Rentin mengungkapkan, tujuan pertemuan guna membangun jejaring Relawan PB di Indonesia. Kemudian meningkatan kapasitas Relawan PB Indonesia.

Selain itu, pertemuan membahas desk relawan sertifikasi relawan, dan cluster relawan. "Pertemuan ini juga sekaligus untuk sosialisasi ekspedisi Destana, Gerakan PRB dan HKB 2019," sambung Rentin dalam keterangan tertulisnuya, Kamis (28/3/2019).

Mengusung tema "Mensinergikan Semangat Kebersamaan dan Kerelawanan untuk Ketangguhan Bangsa", peserta DRA melibatkan perwakilan dari organisasi relawan 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Kepala BNPB Doni dijadwalkan memberi arahan kepada peserta Kamis 28 Maret 2019 mulai pukul 08.00 Wita.

Rentin bersama jajaran menyambut kedatangan rombongan BNPB di VIP 2 Bandara Ngurah Rai Rabu petang (27/3), melaporkan kesiapan acara yang telah berlangsung sejak kemarin (26/3) dan sampai Kamis (28/3).

Dalam penyambutan Kepala BNPB dan relawan berbagai daerah, dipersembahkan hiburan persembahan dari BPBD Kabupaten Badung berupa Tari Joged Bumbung. Hiburan itu dalam rangka menjalin keakraban diantara peserta dan agar semua peserta ikut serta menari serta larut dalam gerak gemulai penari joged.

Dilaporkan, BPBD Provinsi Bali memberi dukungan penuh baik personil maupun sarpras serta radio komunikasi. Juga menggelar peralatan berupa mobil dapur umum, mobil comob (mobil komunikasi satelit) yang akan melakukan siaran langsung saat Ka BNPB memberikan arahan.

Di sela-sela acara juga dilakukan yankes (layanan kesehatan) dengan menurunkan tenaga medis dan ambulan untuk cek kesehatan dan pengobatan gratis kepada masyarakat. Letjen Doni yang pernah bertugas (dinas) di Bali, mengapresiasi kesiapan Bali sebagai tuan rumah DRA ini.

Bahkan bercerita saat tugas dulu banyak menanam pohon di banyak wilayah / daerah di Bali. "Saat APEC di Bali saya menyumbangkan pohon trembesi di Bandara Ngurah Rai, itulah prinsip kita, jaga alam dan alam jaga kita," demikian Doni. (rhm)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua