Kapolda Bali Siapkan Hadiah Rp37 Juta Bagi Ogoh-ogoh Terbaik

Rabu, 06 Maret 2019 : 23.02
Denpasar - Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose memberikan hadiah total mencapai Rp 37 juta bagi ogoh-ogoh dengan penampilan terbaik.

Dalam rangka menyambut hari raya Nyepi Caka 1941 dan berlangsungnya Pemilu 2019 aman, damai dan sejuk, Kapolda Golose menggelar kegiatan lomba ogoh-ogoh di simpang empat (Catus Pata) Jalan Nangka - Gatot Subroto, Denpasar, sekitar pukul 19.00 Wita, Rabu (6/3/2019).

Tercatat 13 ogoh-ogoh dipastikan tampil dan diberikan penilaian Kapolda Bali. Fokus penilaian lomba terdiri dari komposisi, kreativitas, ekspresi dan ketertiban. Komposisi meliputi bentuk ogoh-ogoh, anatomi, penataan warna dan aksesoris. Kreatifitas meliputi keunikan, teknologi dan ornamentasi.

Untuk ekspresi meliputi karakter dan interprestasi makna simbolik. Sedangkan ketertiban meliputi kekompakan, semangat, keseragaman dan kerapian, keserasian antara gerakan dan musik pendukung dan bebas miras serta barang-barang berbahaya lainnya.

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Hengky Widjaja, mengatakan, Kapolda Bali melaksanakan penilaian dan penghargaan terkait dengan kerapian, ketertiban dan keamanan terhadap parade ogoh-ogoh.

Hal ini, sebagai bentuk apresiasi terhadap kreatifitas sekehe teruna teruni dalam hal pelestarian budaya Bali dan terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif.

“Setiap peserta diberikan waktu maksimal 10 menit untuk mengekspresikan ogoh-ogognya di depan podium utama,” kata Hengky menambahkan. Hasil penialaian dan pemberian hadiah akan langsung diserahkan kepada tiga peserta yang mendapat nilai tertinggi.

Bagi pemenang juara 1 akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp 20 juta, juara 2 akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan Rp 10 juta sedangkan untuk juara 3 akan mendapat tropi dan uang pembinaan Rp 7 juta.

Para peserta diharapkan mempersiapkan diri dengan baik dan yang paling penting tidak ada peserta yang minum miras. "Selain tidak mengonsumsi miras, tim penilai juga akan penilaian terhadap keserasian, keseragaman, keindahan dan kekompakan pengusung ogoh-ogoih,” pesan Hengky. (rhm)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru