Drainase Banyak Tersumbat Sampah, Denpasar Kerahkan Ratusan Pasgap Biru

Minggu, 10 Maret 2019 : 22.00
Tenaga khusus Pasgap Biru dikerahkan membersihkan sampah di Kota Denpasar
Denpasar - Akibat cuaca tidak menentu akhir-akhir ini membuat banyak saluran air dan drainase tersumbat sampah sehingga untuk membersihkannya Pemkot Denpasar melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Denpasar mempersiapkan tenaga khusus.

Tenagas khusus yang disebut Pasgap Biru Dinas PU siap siaga diterjunkan secara khusus di beberapa titik yang sering mengalami sumbatan drainase.

Pasgap Biru Dinas PU Denpasar membersihkan kawasan Jalan Pulau Galang, Desa Pemogan yang tersumbat sampah plastik dan membuat air drainase meluber ke jalan seperti dilakukan Minggu 10 Maret 2019.

Kepala Dinas PU Denpasar, Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta menyebutkan, ada 329 orang tenaga Pasgap Biru bertugas menangani masalah kebersihan sungai di Kota Denpasar. Mereka disiapkan khusus Pemkot Denpasar melakukan pembersihan beberapa aliran sungai yang membelah Kota Denpasar.

“Tenaga khusus pembersih sungai tersebut merupakan upaya untuk terus menjaga kebersihan sungai-sungai di Denpasar. Beberapa sungai juga menurutnya sebagai skala prioritas seperti Tukad Mati, dan Tukad Badung, yang notabene merupakan sungai yang cukup besar,” jelasnya.

Pasukan biru ini bekerja di bawah komando Dinas PU Kota Denpasar yang bertugas membersihkan sampah di sungai di seputaran Kota Denpasar. Jimmy menyampaikan antisipasi sampah seeperti Desa Pemogan agar tidak terbawa hingga laut telah dipasang jaring sampah.

Hal ini nantinya diharapkan dapat memudahkan petugas untuk mengumpulkan lokasi sumbatan akibat dari sampah. "Kami berharap masyarakat turut serta menjaga kebersihan sungai sekitar dengan tidak membuang sampah sungai," harapnya. (des)

Rekomendasi