menu
search

Bupati Tabanan Berharap Al Quran Jangan Hanya Dibaca dan Dihafalkan

Sabtu, 30 Maret 2019 : 17.51
Juara Lomba Tilawah Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) XXV Kabupaten Tabanan Tahun 2019
TABANAN - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan I Gusti Ngurah Supanji saat membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) XXV Kabupaten Tabanan memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap pelaksanaan STQH XXV yang digelar di Balai Banjar Tunggal Sari, Kecamatan Tabanan, Tabanan, Sabtu, (30/3/2019).

"Saya memberikan apresiasi dan dukungan positif karena STQH tidaklah sekedar lomba membaca ayat-ayat suci, tapi lebih dari itu bertujuan untuk menanamkan sejak dini bagi kalangan anak-anak agar memiliki minat untuk mendalami ajaran suci Nabi Muhammad sehingga umat tidak kehilangan jati dirinya," paparnya.

Terkait hal itu, Bupati Eka memandang STQH merupakan langkah yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai universal yang terkandung dalam Al Quran mengingat tantangan yang dihadapi oleh generasi kita pada era globalisasi ini semakin kompleks.

Pada kesempatan tersebut Bupati Tabanan juga berharap ayat-ayat suci Al Quran yang menjadi materi pada STQH ini jangan hanya sekedar dibaca dan dihafal, namun yang lebih penting adalah bagaimana kita semua dapat memaknai, menghayati untuk selanjutnya dilaksanakan dengan penuh keyakinan suci.

"Khusus kepada peserta janganlah semata-mata mengejar juara untuk menjadi duta Tabanan pada ajang yang lebih tinggi, namun yang lebih penting adalah dapat menambah wawasan dan pengalaman untuk melaksanakan ajaran Al Quran dalam kehidupan sehari-hari. Bersyukurlah bila memang mendapat juara dan menjadi duta Tabanan," pesannya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tabanan, Ida Bagus Putu Arsana yang diwakili Kasubbag TU Kemenag Tabanan I Ketut Merta mengemukakan bahwa penyelenggaraan STQH seperti seakrang ini tentu tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syiar Islam, tetapi lebih jauh diharapkan bisa menjadi barometer dalam mengukur hasil kegiatan pembelajaran Al Qur'an di masyarakat melalui Taman Pendidikan Al Quran yang ada di Kabupaten Tabanan.

Ida Bagus Putu Arsana berharap acara STQH ini bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan juara terbaik yang akan mewakili Kabupaten Tabanan. "Kebetulan Tabanan pada STQH XXV tingkat Provinsi Bali yang akan dilaksanakan 27 dan 28 April nanti menjadi tuan rumah," ujarnya.

Ketua Panitia STQH XXV Kabupaten Tabanan M. Barlian dalam laporannya menjelaskan STQH yang mengusung tema "Al Quran meneguhkan ukhuwah dan menciptakan Harmoni dalam keberagaman" ini menyelenggarakan dua cabang lomba yakni Cabang Tilawah Al Qur'an anak dan dewasa putra-putri serta cabang Tahfidz (hafalan) Al Qur'an golongan 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz putra dan putri.

"STQH XXV Tabanan diikuti 39 orang peserta perwakilan dari tujuh kecamatan di Kabupaten Tabanan. Para peserta ini merupakan juara dalam STQH di masing-masing kecamatan," lapornya.

Dari hasil lomba yang digelar selama sehari, Dewan Hakim memutuskan Kafilah Kecamatan Tabanan yang meraih lima juara pertama (medali emas) akhirnya keluar sebagai Juara Umum Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) XXV tahun 2019 Tingkat Kabupaten Tabanan, Bali.

Sebagai juara umum II diraih Kafilah Kecamatan Kediri yang berhasil mengumpulkan empat medali emas.

Selengkapnya, para juara STQH XXV Tingkat Kabupaten Tabanan adalah sebagai berikut. Cabang lomba Tilawah anak putra juara I diraih Aditya Putra Mandala (Kecamatan Tabanan), juara II Rizal Fauzi (Penebel), Juara III Ramadhan Abdi Pamungkas (Kediri).

Cabang lomba Tilawah anak putri, juara I diraih Aldila Eka Deswita Hudalifah (Tabanan), Juara II Talita Hasna Humaira (kerambitan), Juara III Ralashandy Armylistya Latifa Fauzin (Kediri).

Sedangkan Tilawah dewasa putri juara I diraih Novi Fitriyani Dewi (pupuan) dan juara II diraih Dwi Putri Yanis (kerambitan). Pada cabang lomba Tahfidz golongan 1 Juz putra juara I diraih Ayub Al Ansori (Penebel), Juara II Ibnu Zakwan Zakki (Kediri) dan Juara III Muhammad Fauzan A (Selemadeg).

Golongan 1 juz putri juara I diraih Ayudia Zahro Amalia (Tabanan), Juara II Maylan Unsul Maulida (Kerambitan) dan Juara III Faizatur Rahmah (Kediri).

Sementara pada Golongan 5 juz putra juara pertamanya diraih Firman utusan dari Kecamatan Kediri. Untuk golongan 5 juz putri juara I diraih Sopia Rachma Cyntia Dewi (kediri) dan Juara II Putri Nabila (Kerambitan).

Golongan 10 juz putra juara I diraih Eky Ananta Sukma (Tabanan) dan Juara II diarih Dila Agustin Syam (Kediri) dan golongan 10 juz putri juara I diraih Arifatul Hikmah (Kediri). Sedangkan golongan 20 juz putra juara I diraih Irsyad Umaini (Kediri) dan juara II diraih Amri Rahman dari Kecamatan Tabanan. (gus)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua