Barong Bangkung dan Calonarang Kolaborasi Pentas di Tabanan

Minggu, 17 Maret 2019 : 23.36
Pementasan barong bangkung di Gedung Kesenian Ketut Maria Tabanan, Bali
TABANAN - Memperingati ulang tahunnya ke 10, Komunitas Semlefoma Tabanan menggelar festival Barong Bangkung dan pementasan Calonarang Kolaborasi 17 Sanggar di Gedung Kesenian Ketut Maria, Tabanan, Bali, Sabtu - Minggu (16-17/3/2019).

Terkait kegiatan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Tabanan I Komang Gede Sanjaya saat menghadiri acara tersebut dalam sambutannya memberikan apresiasi positif kepada Komunitas Semlefoma Tabanan karena berperan aktif dalam kegiatan seni di Tabanan.

"Festival ini merupakan wujud nyata peran aktif Pemuda yang peduli dengan perkembangan seni di Tabanan. Saya atas nama Pemkab Tabanan memberikan apresiasi positif dan dukungan kepada Komunitas Semlefoma Tabanan," katanya saat membuka Festival Barong Bangkung, Sabtu (16/3/2019) sore.

Menurut Wabup Sanjaya, festival Barong Bangkung ini merupakan wujud nyata peran aktif Pemuda yang peduli terhadap pelestarian seni dan budaya khas Kabupaten Tabanan.

"Barong bangkung mulai hidup lembali di Tabanan pada tahun 2002 lalu berkat kerjasama dan semangat dari semua pihak di Tabanaan. Ini harus menjadi suatu kebanggaan, mengingat Tabanan mampu merekontruksi ribuan Sekaa Barong Bangkung," katanya mengingatkan.

Pada kesempatan tersebut Wabuip Sanjaya berharap Komunitas Semlefoma Tabanan mampu terus berperan aktif menjaga seni dan kebudayaan khas Tabanan, khususnya Barong Bangkung.

"Pelestarian barong bangkung sudah dapat apresiasi dari seluruh bali. Tinggal kontinuitas kita untuk menjaga semua ini. Tentunya harus dengan kebersamaan dan persatuan, gotong royong juga saling menghormati. Tetap selalu kompak dan ingat apa yang Saya sampaikan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Komunitas Semlefoma Andika Ramadan alias Madon menjelaskan, Komunitas Semlefoma merupakan Wadah Organisasi Seni Gabungan Seniman Tabanan. Dengan menggelar acara ini bertujuan agar kegiatan ini mampu membangkitkan seni terutama barong bangkung sebagai ikon Tabanan.

“Kami berharap para seniman di Tabanan bersatu, dan kami harapkan juga tentunya bimbingan dari semua pihak untuk kami kedepannya,” pintanya.

Selain dihadiri Wabup Sanjaya, Festival Barong Bangkung di Gedung Maria juga dihadiri anggota DPR RI I Made Urip, Anggota DPRD Tabanan Desta Kumara dan Rahayuni, Kadis Lingkungan Hidup I Made Subagia, Camat Tabanan I Putu Arya Suta, Perbekel dan Tokoh Masyarakat Tabanan. (gus)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru