Wabup Sanjaya Minta Pelajar Junjung Tinggi Sportivitas

Rabu, 13 Februari 2019 : 05.26
Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya didampingi sejumlah panitia membunyikan okokan sebagai tanda dibukany Pekan Olah Raga Pelajar (Porjar) Tabanan 2019
TABANAN - Wakil Bupati (Wabup) Tabanan I Komang Gede Sanjaya mengingatkan dan meminta para pelajar yang menjadi atlit dalam even Pekan Olah Raga Pelajar (Porjar) agar selalu menjunjung tinggi sportivitas. Baik saat berada di arena olah raga maupun di luar arena olah raga.

"Junjung tinggi sportivitas di arena dan di luar arena," pintanya saat membuka secara resmi Pekan Olah Raga Pelajar (Porjar) Kabupaten Tabanan,di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Selasa (12/2/2019).

Terkait tema Porsenijar Tabanan yang diusung yakni "Melalui Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten Tabanan Tahun 2019 Kita Tingkatkan Prestasi Olahraga Menuju Tabanan Serasi", Wabup Sanjaya memberikan apresiasi positif.

Disebutkan melalui tema tersebut para pelajar yang mengikuti Porjar akan tumbuh dan berkembang menjadi generasi muda yang tangguh, sehat jasmani dan rohani, sehingga mampu bersaing dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Tabanan seiring dengan Visi Tabanan Serasi.

Wabup Sanjaya menjelaskan, Pekan Olahraga Pelajar merupakan ajang/kompetisi, sekaligus ajang evaluasi pembinaan olahraga di sekolah mulai di kecamatan, Kabupaten maupun Provinsi.

"Porjar sangat strategis dalam rangka membentuk manusia Indonesia seutuhnya, sehat jasmani dan rohani, taqwa terhadap Tuhan, terampil, berdedikasi tinggi serta bertanggung jawab terhadap Bangsa dan Negara," katanya.

Menurut Wabup, para peserta yang hadir disini adalah merupakan siswa terbaik dalam bidang olahraga yang dipilih dari semua Sekolah yang ada di Kabupaten Tabanan, baik dari tingkat SD, SMP maupun SMA/SMK.

"Oleh karena itu, patut disyukuri karena diberikan kepercayaan mewakili sekolah sekaligus sebagai motivasi dan semangat untuk berlaga pada Pekan Olahraga Pelajar ini," katanya.

Pada kesempatan tersebut Wabup juga berharap kegiatan ini bisa melahirkan atlit yang kuat dan tangguh, yang nantinya bisa mewakili Tabanan dalam ajang Porjar Tingkat Provinsi.

“Saya ingatkan kepada para peserta/atlit agar dalam pertandingan nanti menjunjung tinggi sportivitas dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar diberikan kekuatan dan keselamatan dalam bertanding sehingga berhasil meraih prestasi,” himbaunya.

Ditambahkan, di Tahun 2019 ini Tabanan juga akan menyambut event yang besar, yakni menjadi Tuan Rumah Porprov Bali 2019.

“Kita harus siap menyambut hajatan ini dan sudah membangun Gor Debes. Tidak hanya itu, kegiatan ini nantinya juga akan dilakukan tidak terpusat seperti biasanya namun merata di seluruh Kecamatan di Tabanan," ujarnya.

Wabup berharap even tersebut nantinya bukan saja menyuguhkan kegiatan olahraga tetapi juga memadukan olahraga dengan pariwisata, sehingga ketika ada event Porprov, Desa-desa di sekitar bisa menikmati hasil pembangunan Kabupaten Tabanan.

Sebelumnya, I Putu Weda Astawa selaku Ketua Panitia Porjar, melaporkan bahwa Porjar adalah kegiatan tingkat daerah yang dilaksanakan setiap tahun adalah titik balik kulminasi pembinaan prestasi olahraga Pelajar tingkat daerah dan sekaligus merupakan gambaran hasil pembinaan yang dilaksanakan oleh tiap-tiap sekolah yang ada di Kabupaten Tabanan.

"Tujuan Porjar ini mengadakan evaluasi kegiatan olahraga para pelajar untuk menjaring atlit pelajar yang akan dipersiapkan ke tingkat provinsi, serta memberi kesempatan kepada olahragawan dan/atau olahragawati pelajar untuk berpacu dalam prestasi pada arena Porjar Tabanan," katanya.

Weda Astawa menjelaskan, Porjar akan dilaksanakan mulai tanggal 12 - 24 februari 2019. Lokasinya di beberapa tempat sesuai cabang olah raga yang dipertandingkan. Di antaranya di Lapangan dan Gor Debes, Lapangan Alit Saputra, Lapangan Umum Kerambitan, Dewara Sport Sangulan, Kolam renang Rindam, dan lainnya.

"Atlit yang berlaga merupakan atlit pilihan di tingkat sekolah dan kecamatan, yang akan berlomba atau berkompetisi pada 21 cabang olahraga dan tiga cabang olahraga eksebisi yang akan dipertandingkan," tambahnya.

Cabang olah raga yang dipertandingkan di antaranya adalah : Atletik, Bola Basket, Bulu Tangkis, Bola Voli, Catur, Karate, Judo, Renang, Pencak silat, Panjat Tebing, Petanque, Senam, Sepak Bola, Sepak Takraw, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Tarung Drajat, Taekwondo, Wood Ball, Dance Sport dan Balap Sepeda.

"Sementara untuk eksebisi di antaranya, Rugby, Gateball dan Pexi. Jumlah peserta atau atlit yang terlibat pada Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten Tabanan Tahun 2019 adalah sebanyak 2161 orang atlit,” pungkasnya. (gus)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru