menu
search

Sea Safari Cruises Underwater Photo Competition Promosikan Wisata Bahari Indonesia

Minggu, 17 Februari 2019 : 22.56
Wisatawan menikmati keindahan perairan Benoa Bali di atas kapal Sea Safari Cruise
DENPASAR - Dalam upaya mempromosikan pesona potensi kekayaan laut atau wisata bahari Indonesia, Kementerian Pariwisata bersama Sea Safari Cruises menggelar lomba bertema "Underwater Photo Competition 2019".

Lomba bagi para fotografer amatir atau wisatawan ini bakal memperebutkan hadiah total Rp150 juta yang acara peluncurannya digelar di atas Kapal Sea Safari Cruises di perairan Pelabuhan Benoa, Bali, Sabtu (16/2/201) malam.

Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kemenpar, Revita Datau Messakh mengatakan ajang tersebut sebagai upaya meningkatkan pariwisata Indonesia yang ujungnya bisa mendatangkan wisatawan mancanegara yang ditargetkan 20 Juta wisatawan pada tahun ini.

Untuk menggelar kegiatan ini, ditunjuklah Sea Safari Cruises yang bekerjasama dengan Tiket.com dan Telkomsel.

Dijelaskan, kapal tersebut selain mengelola paket wisata yang berstandar international juga melalui kegiatan (event) pendukung yang bisa diakses semua pihak dalam rangka mengembangkan objek-objek wisata berkelas dunia di Indonesia.

"Dengan dukungan Kementerian Pariwisata dan Sea Safari Cruises menggelar "Underwater Photo Competition" sebagai komitmen nyata untuk mendorong promosi wisata bawah laut di Indonesia yang luar biasa," ucap Vita yang juga tim ahli Co Branding Wonderful Indonesia, Kementerian Pariwisata.

Untuk itu pihaknya mengajak para fotografer umumnya maupun wisatawan domestik khususnya yang menyukai wisata bahari seperti diving atau snorkeling untuk mengeksplore keindahan alam bawah laut Indonesia.

Pihaknya berharaap, dengan peluncuran resmi lomba tersebut sehingga ajang ini resmi mulai bisa diikuti selama periode per 1 Maret hingga 31 Mei 2019. Vita menambahkan, untuk pengambilan foto di bawah laut memang memerlukan teknik dan alat khusus.

Dengan begitu, diharapkan lomba ini bisa menjadi ajang berbagi para wisatawan setelah melakukan penelusuran wisata laut kepada masyarakat luas yakni bagaimana mendapatkan karya foto berkualitas.

Nantinya, empat juri masing-masing Kenal Gani (Group Chief Efitor SWA Media), Jay Wijayanto (Tenaga Ahli Co-Branding Kemenpar RI), Rizanto Binol (Tenaga Ahli Co-Branding Kemenpar RI) dan I Nyoman Suardana (Senior Dive Master Sea Safari Cruises) akan memberikan penilaian terhadap semua karya fotografi yang masuk ke panitia.

Semua karya foto peserta diharapkan murni karya mereka dan kemudian diambil dari objek wisata bawah laut di wilayah Indonesia.

Selain itu, peserta yang bisa mengirim lebih dari satu foto itu harus diunggah di media sosial, khususnya Instagram dengan memberi tagar #sscohotocomp dengan mention akun @seasafari.cruises @tiket.com dan @telkomsel.

Untuk menentukan pemenang, selain hasil penilaian juri juga ditentukan atau dipilih atas dasar "like" terbanyak di sosmed. Pemenang akan diumumkan pada 1 Juni 2019. Hadiah sangat menarik menanti bagi para pemenang untuk dua kategori peserta, yaitu wisatawan domestik dan mancanegara.

Hadiah yang disiapkan atas kerja sama oleh Tiket.com dan Telkomsel itu berupa paket wisata "Free Trip for 6d5n" ke Labuhan Bajo-Komodo-Labuhan Bajo atau Sorong-Raja Ampat-Sorong selama tujuh hari dan enam malam.

Semuanya termasuk tiket berangkat kembali ke "homebase" pemenang ke Labuhan Bajo atau Sorong. Masih ada voucher diskon sejumlah Rp1 juta untuk menginap di hotel serta free internet untuk satu minggu dan Rp500 ribu untuk call.

Untuk lebih jelasnya guna mengikuti lomba ini bisa dilihat dari http://www.divingseasafari.com dan Sea Safari Cruises-Indonesia Diving Liveaboard

Direktur Marketing Sea Safari Cruises Eva Tanudjaja dan Tenaga Ahli Co-Branding Wonderful Indonesia Kemenpar Revita Datau Messakh
Dalam kesempatan sama, Direktur Marketing Sea Safari Cruises Eva Tanudjaja, menambahkan, Indonesia menyimpan kekayaan alam bawah laut Indonesia yang luar biasa sehingga menarik minat wisatawan asing.

Dicontohkan, keelokan kawasan Raja Ampat yang menjadi salah satu dari 10 objek wisata "underwater" terbaik di dunia. Pihaknya menjadikan wisata ke tempat ini sebagai paket andalan yang disukai wisatawan asing seperti dari Asia.

Selain itu, ada tempat-tempat wisata bawah laut lainnya di Indonesia bagian timur yang menjadi bidikan wisman. Hanya saja, masih banyak obyek bawah laut atau wisata bahari lainnya yang perlu mendapat ekspos lebih banyak lagi.

"Promosinya bisa diangkat lebih baik salah satunya harus didorong dengan menunjukkan visualisasi objek wisata tersebut dalam bentuk fotografi," tutur Eva.

Pada bagian lain, Direktur Utama Sea Safari Cruises Djainuddin menambahkan, penandatanganan bersama Kementerian Pariwisata itu kian membuktikan Kemenpar RI memberikan kepercayaan cukup baik kepada kepada operator wisata hari Sea Safari Cruises.

"Ini juga menunjukkan, ada upaya pemerintah RI lewat Kemenpar terus mendukung pihak swasta yang bergerak di bidang pariwisata. Ini dukungan yang besar agar Sea Safari Cruises bisa melayani para wisatawan domestik dan mancanegara semakin lebih baik," imbuhnya. (rhm)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua