KMP Prathita Kandas di Perairan Gilimanuk, 383 Penumpang Dievakuasi

Sabtu, 02 Februari 2019 : 09.42
Tim SAR Gabungan mengevakuasi ratusan penumpang KMP Prathita IV yang kandas di perairan dangkal Pelabuhan Gilimanuk/humas sar dps
JEMBRANA - KMP Prathita IV yang mengangkut 383 penumpang kandas di perairan dangkal Pelabuhan Gilimanuk Kabupaten Jembrana Bali, dinihari tadi. Keterangan dihimpun, arus deras yang terjadi di perairan Gilimanuk, mengakibatkan kandasnya KMP Prathita IV Sabtu (2/2/2019) sekira pukul 03.10 Wita.

Kapal jenis Roro bertolak dari dermaga LCM Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Jawa Timur menuju Pelabuhan Gilimanuk, kandas sekitar 0.25Nm dari pelabuhan LCM Gilimanuk. Kapal yang mengangkut 383 orang penumpang dan 20 ABK akan bersandar di pelabuhan LCM Gilimanuk sekira pukul 03.10 Wita.

Saat hendak sandar itulah, kapal kandas bergerak ke arah utara pelabuhan Gilimanuk karena terseret arus yang cukup kuat. Petugas Pelabuhan masih melihat kondisi kapal masih terpantau aman.

Ratusan penumpang KMP Prathita IV dievakuasi tim SAR Gabungan/humas sar dps
Meski demikian, Tim SAR Gabungan dari Basarnas, Pos TNI AL Gilimanuk, Polair Polres Jembrana, ASDP Pelabuhan Gilimanuk, KPLP Pelabuhan Gilimanuk, Polsek KP3 Pelabuhan Gilimanuk dan BPTD Gilimanuk, dikerahkan 4 speed Boat untuk melakukan evakuasi.

"Evakuasi berlangsung sekitar 5 jam hingga pukul 08.00 Wita berhasil mengevakuasi 379 orang," ujar Koordinator Pos SAR Jembrana, Komang Sudiarsa dalam keterangan resminya.

Dijelaskan Sudiarsa, seluruh penumpang serta ABK dalam kondisi baik. "Sementara semua penumpang ditempatkan diruang VIP ASDP Gilimanuk,” imbuhnya.

Saat ini, kapal yang mengangkut 1 sepeda motor, 5 kendaraan kecil, 4 truck mini, 2 truck sedang, 2 bus sedang dan 6 bus besar, kembali sudah bisa sandar di Pelabuhan LCM Gilimanuk dengan selamat. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi