menu
search

Jokowi: Terbukti Tingkatkan Pendapatan, Anggarkan Dana Desa Hingga Rp257 triliun

Minggu, 03 Februari 2019 : 07.25
Presiden Jokowi saat sosialisasi prioritas penggunaan dana desa tahun 2019 di Provinsi Jawa Timur/biro pers setpres
SURABAYA - Program Dana Desa yang telah digulirkan pemerintah sejak tahun 2015 hingga akhir tahun 2019 pemerintah menggelontorkan anggaran hingga Rp257 Triliun.

Presiden Joko Widodo menegaskan, dana sebesar itu telah menunjukkan hasilnya. Selain infrastruktur desa yang semakin baik, Dana Desa juga berhasil meningkatkan pendapatan per kapita di desa.

Di seluruh Tanah Air, tahun 2015 pemerintah menggelontorkan Rp20,7 triliun, tahun 2016 Rp47 triliun, tahun 2017 Rp60 triliun, tahun 2018 Rp60 triliun, dan tahun 2019 Rp70 triliun. Artinya sampai akhir tahun ini Rp257 triliun uang yang kita gelontorkan ke desa-desa di seluruh Tanah Air. Sampai akhir 2018 berarti Rp187 triliun.

"Kalau sampai akhir 2019 Rp257 triliun. Uang yang sangat besar. Ini harus dikelola dengan akuntabilitas pertanggungjawaban yang baik," tutur Presiden.saat Sosialisasi Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019 di Provinsi Jawa Timur. Acara ini dihelat di DBL Arena, Kota Surabaya, Sabtu, 2 Februari 2019.

"Income per kapita di desa betul-betul naik karena dana desa ini. Infrastruktur-infrastruktur di desa juga kelihatan meloncatnya karena Dana Desa ini. Orang boleh banyak berbicara mengenai jalan tol, jalan yang besar, Surabaya sampai ke Jakarta sudah dibuka, bisa lebih cepat, pelabuhan besar dan airport telah dibangun.

"Tetapi sebetulnya saya paling senang kalau infrastruktur di desa-desa itu siap semua," ujar Presiden. Diketahui, Indonesia memiliki 74 ribu desa, sehingga dana yang digelontorkan pemerintah untuk desa pun tidak sedikit.

Berdasarkan survei yang ada, Presiden mengaku senang dengan tingkat kepuasan masyarakat terhadap dana desa yang mencapai di atas 85 persen. Menurutnya hal ini menunjukkan bahwa masyarakat melihat dan merasakan langsung dampak dari Dana Desa ini.

"Ini memang baru tahapan empat tahun pertama. Masih banyak pekerjaan di desa yang harus kita kerjakan lagi," lanjutnya.

Kepala Negara berkomitmen terus meningkatkan anggaran Dana Desa ini setiap tahun. Karena menurutnya, pembangunan di desa di seluruh Tanah Air, merupakan fondasi dasar bagi kemajuan bangsa. "Karena ini adalah fondasi, syarat, bagi kemajuan bangsa ini. Basic-nya adalah di desa," tandasnya.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. (rhm)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua