Wagub Cok Ace: Semangat Gotong Royong Jati Diri Masyarakat Bali

Minggu, 13 Januari 2019 : 07.57
Wakil Gubernur Bali Cok Ace saat bersembahyang di Pura Penataran Agung Jukut Paku, Singakerta Ubud/biro humas
GIANYAR - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengatakan semangat bergotong royong sejatinya menjadi jati diri masyarakat Bali.

Hal itu disampaikan Cok Ace ketika menghadiri Karya Pedudusan lan Nyatur miwah Ngeratep Ida Batara Ratu Gede di Pura Penataran Agung Jukut Paku, Desa Singakerta, Ubud, Gianyar, Sabtu (12/1/2019).

Menurutnya, untuk menjaga keajegan Bali maka sweca dan bhakti umat Hindu perlu ditingkatkan lagi. Untuk itu, Ia berharap srada dan bhakti umat terus dilaksanakan sebagai wujud terima kasih kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Di samping itu, Ia juga mengapresiasi semangat warga bergotong royong melakasanakn upacara tersebut. Karena menurutnya itu adalah jati diri masyarakat Bali. “Tanpa gotong rotong dan semangat menyama braya, akan sangat susah kita melaksanakan yadnya,” sambungnya didampingi Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra.

Sebelumnya penglingsir Desa Jukut Paku Ida Bagus Putra Pudartha menyampaikan jika Pura Penataran ini sudah ada sejak zaman Rsi Markandya datang ke Ubud menyebarkan Agama Hindu. Bahkan, menurutnya tapakan Ida Batara Ratu Gede sebagai perwujudan beliau.

Ia juga menambahkan jika hari ini adalah upacara mecaru dan mendem pedagingan. Sementara untuk puncak karya akan dilaksanakan pada tanggal 15 mendatang. “Sebelum diadakan upacara puncak karya, Ida Bhatara akan melancaran dulu di desa Jukut Paku,” tandasnya. (rhm)
Loading...

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi