menu
search

Usai Melahirkan, Seorang Pelajar di Buleleng Buang Bayi Dekat Kuburan

Minggu, 20 Januari 2019 : 14.46
Bayi perempuan yang dibuang di Buleleng dalam perawatan di rumah sakit/istimewa
BULELENG - Lantaran malu,WAM (17) seorang pelajar SMA di Kabupaten Buleleng Bali nekat membuang buah hati yang baru dilahirkan di dekat kuburan. Aksinya berhasil diendus petugas Polsek Pelabuhan Laut Celukan Bawang, Buleleng setelah mendapat laporan warga, Minggu (20/1/2019).

Warga menemukan bayi perempuan yang terbungkus dalam plastik kresek hitam di Desa Celukan Bawang Dusun Intan RT.03 Desa Celukan Bawang/ Gerokgak.

Bayi perempuan seberat 2,5 serta panjang 49 cm masih terbelit tali pusar serta ari-ari ditemukan oleh buruh bangunan bernama Edi Selamat (27) yang ketika itu sedang mencari kucing miliknya yang hilang pada Sabtu (19/1) pukul 19:45 wita.

Saat mencari kucing di kebun milik warga, sekira berjarak 20 meter dari rumahnya, saksi malah mendengar suara tangisan yang awalnya diduga kucing. Rupanya, suara itu berasal dari bungkusan plastik hitam. Saksi yang ketakutan karena gelap, memanggil Sang Ibu Maryah (39).

Setelah kantong dibuka dan disorot dengan senter hp terlihat sosok bayi. Temuan itu membuat warga berdatangan ke lokasi. Bayi malang itu oleh kedua saksi dibawa ke bidan desa Celukan Bawang untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Kapolsek Pelabuhan Laut Celukan Bawang mengerahkan Satreskrim untuk melakukan penyelidikan dari laporan kasus tersebut. Berdasar penyelidikan, diketahui pelaku pembuangan bayi, WAM seorang pelajar SMK Singaraja, Minggu (20/1/2019) seorang pelajar SMK yang telah diamankan di Mapolsek Celukan Bawang.

Kapolsek Celukan Bawang, AKP I Gusti Putu Arnata dikonfirmasi membenarkan telah mengamankan pelaku yang masih di bawah umur dan berstatus sebagai pelajar. Setelah melakukan penyelidikan 1x24 dengan mengerahkan Satreskrim pelakunya sudah kita amankan dan mengakui semua perbuatannya.

"Sesuai mekanisme karena melibatkan pelaku yang masih dibawah umur, kasus ini sudah dilimpahkan ke Polres Buleleng," papar Arnata.

Terungkapnya ibu bayi perempuan yang dibuang itu setelah aparat kepolisian Pelabuhan Laut Celukan Bawang meminta bantuan Ketua RT 03 Moh. Zain mengumpulkan ibu - ibu maupun remaja/ perempuan yang ada di Dusun Celukan Bawang. untuk melakukan pengecekan.

"Dilakukan pengecekan dengan warga, apa ada yang melahirkan. Kemudian bidan Titin Setelah melakukan pemeriksaan dalam dan ditemukan salah satu perempuan yang diduga habis melahirkan dengan ciri robek pada kemaluan," papar Kapolsek Celukan Bawang Gusti Arnata (20/1/2019).

Kepada petugas, WAM setelah diamankan polisi mengakui telah melahirkan bayinya dan membuang dekat kuburan. Pelaku kini menjalani pemeriksaan di Unit PPA Mapolres Buleleng guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. (gde)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua