menu
search

Temuan Bayi Ganteng di Tempat Penitipan Anak Gegerkan Warga Singaraja

Rabu, 09 Januari 2019 : 18.07
Bayi laki-laki mungil yang ditemukan warga Singaraja, Buleleng/istimewa
BULELENG - Warga sekitar di wilayah jalan Parikesit, Kelurahan Banjar Tegal, Buleleng dikejutkan dengan penemuan sesosok bayi mungil yang berwajah ganteng. Bayi laki-laki itu, ditemukan di depan Tempat Penitipan Anak (TPA) Lilahita, Singaraja, sekitar pukul 05.15 wita, Rabu (9/1/2019) .

Pasangan Made Arsana (57) bersama istrinya Nyoman Garneli (54) saat berolahraga pagi menemukan pertama kali bayi malang itu. Beruntung saat ditemukan dalam kondisi masih hidup.

Saat ditemukan dengan terbungkus kain dan diletakkan dalam kardus minuman kemasan. Di dalam kardus, bayi tersebut masih berisi ari-ari dan juga ditemukan uang sebesar Rp200 ribu. "Bayinya masih hidup, bersih lagi saat ditemukan. Cuma bayinya itu tadi ditemukan masih didalam kardus. Kasihan tadi lihatnya," kata seorang warga.

Warga membawanya ke RS Kertha Usada Singaraja untuk segera mendapat penanganan intensif secara medis. Meski bayi tersebut ditaruh di ruang inkubator ICU, namun kondisi bayi terlihat sehat.

Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI) RS Kertha Usada Singaraja, Merry Putriani mengatakan, saat dibawa ke rumah sakit kondisi bayi tersebut masih sehat. "Sehat kondisi bayinya," kata Merry kepada wartaawan, ditemui di RS Kerta Usada Singaraja.

Hasil pemeriksaan medis, bayi bobot 3.300 gram (3,3 kilogram) dan panjang 52 centimeter itu, diduga dibuang setelah dilahirkan setengah jam sebelumnya. Ari-ari jabang bayi itu dalam kondisi dipotong. Tali pusarnya panjang sekali dibelitkan di leher dan tidak ada pendarahan.

"Kami duga dibuang, sekitar 30 menit dari saat dilahirkan," ungkap Merry. Meski kondisinya sehat, namun Merry belum mengetahui sampai kapan bayi tersebut dititipkan di RS Kerta Usada.

Pihak rumah sakit masih menunggu hasil koordinasi dari Polsek Kota Singaraja. Kendati demikian dari hasil informasi, bayi tersebut akan diadopsi oleh orang pertama kali menemukan bayi tersebut.

Kapolres Buleleng, Kapolsek Kota Singaraja, Kompol. AA. Wiranata Kusuma menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penemuan bayi itu. Wiranata menerjunkan anggota untuk mencari dan menemukan ibu kandung bayi laki-laki tersebut.

"Kami turunkan tim mengumpulkan keterangan saksi-saksi dan olah TKP. Mudah-mudahan cepat kami temukan ibu kandung bayi ini atau orang yang sengaja membuang bayi ini," demikian Wiranata. (gde)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua