Sri Wigunawati Dorong Peningkatan Kerja Sama Bali dan India

Rabu, 09 Januari 2019 : 08.08
Sri Wigunawati saat mendampingi istri Gubernur Bali Wayan Koster yang menerima audiensi pimpinan Ashram Gandi, Indra Udayana/istimewa
DENPASAR - Dengan kedekatan sejarah hubungan antara Bali dan India yang cukup panjang kedua belah pihak memiliki potensi besar untuk terus meningkatkan kerja sama berbagai bidang di masa mendatang.

Hal itu disampaikan calon anggota DPD RI Dapil Bali nomor urut 25, Dewa Ayu Putu (DAP) Sri Wigunawati usai mendampingi istri Gubernur Bali, Ni Putu Putri Suastini yang menerima audiensi Ashram Gandhi Puri ke Jayasabha, Denpasar, Selasa (8/1/2019).

Dalam kunjungan itu, pimpinan Ashram Gandhi Puri Agus Indra Udayana diterima dengan hangat Ny Putri Koster atau yang akrab disapa Bunda Putri. Menurut Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Bali itu, Bali dan India telah memiliki sejarah panjang dalam menjalin hubungan.

Pihaknya mencermati hubungan baik ini mulai bidang budaya, pariwisata hingga pendidikan. Kata Sri Wigunawatui, banyak wisatawan India datang untuk berkegiatan yoga. Atau pelajar India studi banding dengan tinggal di Bali hingga beberapa minggu.

"Ini memperlihatkan kalau hubungan India dan Bali memiliki potensi besar untuk ditingkatkan,” tegas tokoh perempuan asal Kabupaten Jembrana ini.

Sementara itu, dalam perteemuan dengan jajaran Asrham Gandi, Istri Gubernur Bali, Suastini Koster mengimbau masyarakat Bali senantiasa menjaga identitas daerah. Salah satunya, dapat dilakukan melalui cara berbusana yang dikenakan dalam keseharian.

Apalagi, dia melihat fenomena, warga Bali yang mengenakan pakaian dari negara lain. Kalau begini, di mana jati diri kita sebagai masyarakat Bali. "Padahal dengan berbusana adat, orang langsung tahu dari mana kita berasal. Inilah sesungguhnya jati diri yang mestinya kita jaga dan pertahankan,” ungkap Bunda Putri.

Pihaknya juga mengapresiasi peran Ashram Gandhi Puri dalam meningkatkan kunjungan wisata turis India ke Bali, yang akhir-akhir ini jumlahnya terus mengalami peningkatan.

Bunda Putri yang dikenal seniman nasional ini berharap, kerja sama antara Bali dan India dapat terus ditingkatkan. Kerja sama ini dapat dilakukan dengan melibatkan sanggar-sanggar seni dan lulusan Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) untuk menjadi duta budaya dan pariwisata. (rhm)
Loading...

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi