Serba 93 Semarakkan Harlah Madrasah TBS di Kudus

Rabu, 30 Januari 2019 : 21.30
Pengurus menggelar rapat persiapan peringatan Harlah ke-93 Madrasah Tasywiquth Thullub Slafiyah Kudus
KUDUS - Peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-93 Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus, Jawa Tengah, cukup istimewa karena menggelar kegiatan memakai angka serba 93 mulai khataman Al-Quran hingga kuliner ingkung sebanyak 93 ekor.

Acara digelar seperti selamatan, khataman Al-Quran bil ghaib dan muqaddaman oleh para kiai, asatidz dan para santri (siswa) serta para alumni yang tergabung dalam wadah Ikatan Siswa Abiturien (IKSAB).

"Kondisi sekarang, suasana musim penghujan, saya mengusulkan Harlah digelar secara sederhana," terang Ketua Pengurus Yayasan Madrasah TBS Kudus, KH. M. Ulil Albab Arwani.

Ketua Yayasan Madrasah TBS Kudus, KH. M. Ulil Albab Arwani dalam rapat koordinasi dengan pengurus dan pimpinan (kepala) tingkatan, yang antara lain dihadiri KH. M. Airifn Fanani, KH. Hasan Bisri,mengatakan, Harlah akan digelar secara sederhana.

"Mengingat cuaca saat ini, Saya mengusulkan Harlah dilaksanakan secara sederhana saja," katanya.

Rangkaiannya antara lain selametan dengan mengundang kiai, asatidz dan tetangga, lalu ziarah ke makam muassis dan masyayikh Madrasah TBS, khataman al-Quran (bil ghaib dan muqaddaman),’’ tuturnya.

Sekretaris Pusat IKSAB, Ustadz Arif Musta’in, mengemukakan, bahwa pihak IKSAB menyiapkan serangkaian kegiatan untuk menyemarakkan Harlah ke-93 Madrasah TBS. Antara lain menggelar 93 khataman al-Qur’an, 93 pembacaan manaqib, pembacaan hizib autad dan disiapkan pula sebanyak 93 ingkung, menyesuaikan usia madrasah.

"IKSAB telah menyiapkan segala sesuatunya. Para alumni madrasah ingin mengambil bagian dalam menyemarakkan Harlah madrasah, sebagai salah satu wujudk khidmah pada masyayikh dan madrasah," katanya, Kamis (31/1/2019).

Sementara satu pengurus IKSAB, Ustadz Charis Rachman, menyampaikan, bahwa pihak IKSAB juga telah menyiapkan pengajian umum untuk para santri dan alumni yang tersebar di berbagai belahan dunia bersama masyayikh.

"Rangkaian memperingati Harlah Madrasah TBS ini, IKSAB juga akan melakukan ziarah ke makam muassis dan masyayikh TBS pada 16 Februari yang akan datang dan menggelar temu entrepreneur Saudagar IKSAB. Puncaknya, pengajian umum bersama masyayikh Madrasah TBS," ujarnya. (des)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru