Putu Supadma Rudana Dukung Warga Gelogor Wujudkan Desa Wisata Budaya

Kamis, 10 Januari 2019 : 22.02
Anggota Komisi X DPR RI Putu Supadma Rudana (PSR)
GIANYAR - Anggota Komisi X DPR RI Putu Supadma Rudana mendukung keinginan masyarakat Gelogor di Desa Lotunduh Kabupaten Gianyar yang akan mengoptimalkan potensi wilayah mereka menjadi desa wisata.

Aspirasi dan keinginan masyarakat Desa Pekraman Gelogor disampaikan langsung para tokoh, prajuru dan bendesa adat setempat ke Putu Supadma Rudana (PSR) dalam pertemuan santai yang digelar di Restoran Kalamansi, Batubulan, Gianyar, Kamis (10/1/2019).

Pada intinya, mereka berharap politikus muda Partai Demokrat ini, bisa memperjuangkan terwujudnya desa wisata baru Gelogor, sehingga bisa memberikan peluang masyarakat berkembang dan menikmati pariwisata Bali.

"Warga juga datang cukup positif, memberikan support untuk PSR, mari bersama-sama agar PSR terus berkontribusi dan memajukan kepariwisataan, ekonomi kreatif yang berdampak bagi masyarakat Bali, berkontribusi dalam pengembangan SDM, kemapuan dan skill masyarakat," ujar PSR.

Kepada puluhan warga, PSR menyampaikan apresiasinya dan siap untuk mewujudkan harapan masyarakat Gelogor, yang ingin membangun desa pekramanan yang memiliki potensi cukup bagus untuk dikembangkan sebagai desa wisata.

Dengan lokasi desa yang berada di sungai dan tebing, Desa Lotunduh memang selama ini hanya bisa dijangkau melalui jalan jembatan yang sangat terbatas. Kondisi ini membuat, wisatawan belum banyak mengetahui potensi desa tersebut.

Menurut PSR, dirinya yakin, jika nantinya potensi alam yang dimiliki desa itu, bisa diviralkan seperti desa wisata Penglipuram, maka akan semakin banyak wisatawan datang.

Seperti Desa Wisata Penglipuran, wisatawan datang untuk melihat keunikan masyarakat, adat dan budaya yang menjadi obyek foto selfie dan pembelajaran. Desa Gelogor, sejatinya memiliki potensi untuk bisa dikembangkan sebagai desa wisata budaya dengan kearifan lokal.

"Saya ingin berikan kontribusi, nilai tambah dan menjembatani aspirasi masyarakat Gelogor, agar visi dan keinginan mereka bisa terwujud," tandas Caleg DPR RI Nomor Urut 1 Partai Demokrat Dapil Bali ini.

Seperti kesuksesan yang diraih oleh Desa Wisata Ubud yang dikenal sampai mancanegara, PSR berharap masyarakat Gelogor, untuk belajar dengan masyarakat Ubud yang berhasil mengelola potensi pariwisata hingga berkembang cukup baik.

Putu Supadma Rudana saat bertemu tokoh dari berbagai elemen masyarakat Gianyar di Restoran Kalamansi Batubulan.
Bahkan, berkat pariwisata yang dimiliki, Ubud bukan hanya telah mendulang pendapatan pariwisata cukup besar namun juga bisa berkontribusi bagi desa pekramana dan masyarakat setempat.

"Dari awalnya 6 hektar, kini pengembangan wisata Monkey Forest bertambah 10 hektar, mereka memiliki sentral parkir yang bisa menampung 1000 mobil, banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat seperti di Ubud," tandasnya.

Apalagi, Desa Gelogor memiliki potensi alam tak kalah dengan tetangganya Desa Ubud, seperti sungai, tempat suci seperti Pura Desa, Pura Dalem, Pura Puseh dan jalur-jalur strategis dan akses tambahan ke Ubud.

"Tahun 2019 ini, saya akan dorong Kemenpar, Kementerian terkait lainnya untuk memberikan pelatihan yang berhubungan dengan kepariwisataan baik dalam konsep desa wisata ataupun desa sadar wisata," sambung Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat ini.

Dirinya, akan membantu masyarakat setempat bisa mengoptimalkan potensinya seperti tempat suci atau ikon lainnya agar menarik minat wisatawan.

Selain itu, PSR juga mendorong desa pekaraman setempat bersinergi dengan daerah pariwisata lainnya sehingga mereka bisa mendapatkan benefit, keuntungan dari sektor pariwisata di Pulau Dewata. (rhm)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru