Ombudsman Bali Ingatkan Birokrasi Jangan Terkontaminasi Kepentingan Politik

Selasa, 08 Januari 2019 : 06.39
Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Bali Umar Ibnu Alkhattab
DENPASAR - Memasuki tahun politik tahun 2019 para pimpinan daerah atau birokrasi agar tetap fokus kepada pelayanan publik dan tidak terkontaminasi dengan kepentingan politik.

"Ini tahun politik,tentu akan berpengaruh juga kepada pola pikir, kita berharap birokrasi bisa menghindarkan diri dari pikiran politik, sehingga betul-betul berkonsetrasi melayani publik," tegas Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Bali saat penyerahan hasil survei kepatuhan Ombudsman Bali di lima kabupaten, Senin 7 Januari 2019.

Masalah politik, biarkan diurus oleh para politisi dan birokrasi tetap berkonsentrasi melayani publik. Terpenting, bagaimana politik bisa mengawal birokrat dalam menjalankan fungsi pelayanan publik.

Diakui Umar, tahun politik ini cukup berat, karena sangat menentukan masa depan bangsa. Tentunya, semua pihak berharap, proses peralihan demokrasi, transisi kekuasaan ini berjalan baik. Tidak dicedarai dengan praktek-praktek tidak terpuji seperti pemanfaatan birokrasi untuk kepentingan politik pihak tertentu.

Untuk itu, biarlah proses politik dan demokrasi bekerja dengan baik, demikian pula birokrasi bekerja dalam melayani publik, tanpa terkontaminasi kepentingan politik. Tidak bisa dipungkiri, parpol tentunya berfikir bagaimana mereka meningkatkan elektabilitas dengan cara mendongkrak birokrasi, hal itu akan berdampak positif.

Memiliki arti positif, jika momenetum tersebut dimanfaatkan sebagai kesempatan politik untuk mendorong birokrasi dalam meningkatkan pelayanan publik, tentunya akan meningkatkan elektabilitasnya.

Sebaliknya, jika partai politik hanya berpikir kepentingan politis kemudian menggunakan segala macam cara birokrasi untuk kepentingan mereka, tanpa ada ihtiar mendorong birokrasi agar melayani publik lebih baik, hanya berfikir memanfaatkan saja, tentu hal ini akan merusak birokrasi. (rhm)
Loading...

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi