Emban Ajaran Dharma, Pemangku Diharapkan Bisa Mencerahkan Umat

Minggu, 06 Januari 2019 : 22.12
Pembekalan pemangku di Kabupaten Bangli
BANGLI - Kehadiran pemangku atau pemimpin upacara keagamaan Hindu dalam mengemban ajaran dharma hendaknya tetap bisa memberikan pencerahan kepada umat. Ketua Penyelenggara Bendesa Adat Bebalang I Nengah Mudana mengatakan hal itu saat pembekalan pemangku di Banjar Adat Bebalang, Bangli, Minggu (06/01).

Kegiatan ini sangat tepat mengingat pemangku adalah sosok yang mengemban ajaran-ajaran dharma. Diharapkan, pemangku mampu memberikan pencerahan kepada umat. "Hal yang sama juga menjadi peran bagi Serati Banten (Ahli Pembuat Sesajen) yang menjadi satu kesatuan dalam pelaksanaan upacara yadnya itu sendiri," ujarnya.

Upacara, pada dasarnya salah satu dari tiga kerangka agama Hindu, selain Tattwa dan Susila. Untuk itu dia merasa sangat bahagia terselenggaranya acara ini. "Kegiatan ini juga merupakan momentum Para Pemangku dalam menyamakan persepsi dan meningkatkan komunikasi menjalankan kewajiban sebagai pelayan masyarakat," ungkapnya.

Kegiatan ini program Desa Adat Bebalang, setiap tahun rutin dilaksanakan. Peserta yang mengikuti kegiatan ini perwakilan pemangku dari masing-masing Desa Pakraman, dengan Narasumber dari PHDI Bangli.

Babinsa Koramil 1626-01/Bangli Sersan Amir Yusuf memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Pihaknya berharap, pemangku nantinya dapat memberikan satu pemahaman yang benar kepada masyarakat Bebalang Bangli. Sehingga masyarakat bisa memahami hakekat nilai filosofis tentang pelaksanaan sebuah upacara. (des)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru