Cuaca Ekstrim Terjang Pulau Bali, Pohon Bertumbangan di Sejumlah Wilayah

Kamis, 24 Januari 2019 : 21.36
Angin kencang disertai hujan menyebabkan banyak pohon bertumbangan di Kota Denpasar/humas
DENPASAR - Cuaca ektrim ditandai hujan dan angin kencang menerjang Pulau Bali mengakibatkan banyak pohon kecil sampai besar bertumbangan di sejumlah wilayah bahkan merenggut nyawa seorang warga setelah tertimpa pohon tumbang.

Hujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Bali Kamis 24 Januari 2019 mulai Pukul 16.00 s/d 20.00 Wita. Dari laporan BPBD Badung misalnya, pohon tumbang menutupi badan jalan di Jalan Batu Sangian 8 No. 100 Lingkungan Batu Bidak, Kelurahan Kerobokan Kaja, Kecamatan Kuta Utara.

Selain itu, pohon Tumbang di Jalan Utama Abiansemal dekat Pasar Latu , di Jalan Kartika plaza No. 4, SMP Sunari Loka Kuta, Kecamatan Kuta.

Laporan lainnya, pohon tumbang di Hotel Bliss, Jalan Sriwijaya No.88 Legian, Kecamatan Kuta, kemudian kejadian serupa di Jalan Goa Gong, Banjar Perarudan, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta selatan.

Akibat angin kencang Bale Pesandakan Pura penghulun Carik subak Cemagi, di Banjar Dukuh Pandean, Desa Munggu, Kecamatan Mengwi juga roboh. Demikian juga, pohon kelapa tumbang dan menimpa Tembok Penyengker dan atap WC milik Ketut Oka Suarsana di Banjar Badung Tengah, Desa Ayunan, Kecamatan Abiansemal

Cuaca ekstrem juga melanda Kota Denpasar, seperti dilaporkam BPBD setempat ada 23 pohon tumbang akibat hujan disertai angin kencang. Jumlah tersebut tersebar di empat kecamatan yang telah mendapatkan penanganan dari BPBD dan DLHK Kota Denpar.

Pohon tumbang tersebut menjatuhkan korban jiwa yakni 1 orang meninggal bernamaTaufiqi Hudaya (29) akibat pohon tumbang di wilayah Jalan Tukad Pakerisan, Panjer.

Satu orang luka-luka atas nama I Komang Alit Astika (29) akibat pohon tumbang di wilayah Jalan Raya Puputan, Renon, Denpasar. Sedangkan sedikitnya 6 kendaraan rusak lantaran tertimpa pohon tumbang ini.

Kepala BPBD Kota Denpasar, IB Joni Ariwibawa mengatakan BMKG telah mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk hingga beberapa hari kedepan. Pihaknya turut menyiagakan perssonel selama 24 jam yang siap menerima laporan masyarakat.

“Saat ini kami sedang melakukan penanganan pohon tumbang, kami himbau kepada masyarakat agar senantiasa waspada lantaran cuaca buruk yang terjadi belakangan ini,” jelasnya.

Guna meminimalisir resiko yang tidak diinginkan, dihimbau agar masyarakat meminimalisir bepergian saat hujan dan angin kencang. Hal ini dikarenakan adanya pohon perindang yang tergolong besar. “Kalau bisa bagi masyarakat agar tidak bepergian saat terjadi angin kencang dan hujan,” paparnya.

Sekretaris DLHK Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa mengatakan, secara intensif melaksanakan perompesan sehingga mampu meringankan bebah pohon untuk meminimalisir terjadinya pohon tumbang.

Berkanaan dengan adanya puluhan pohon tumbang ini pihaknya mengaku lantaran kencangnya angin dan derasnya hujan yang melanda Kota Denpasar. Sehingga pohon sekalipun yang sudah dirompes masih tidak bisa menahan derasnya hujan dan terpaan angin kencang. (rhm)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru