menu
search

Warga Kota Denpasar Dihimbau Tak Pesta Mercon saat Tahun Baru

Jumat, 21 Desember 2018 : 08.25
Satpol PP sidak penjual mercon atau petasan di Denpasar
DENPASAR - Demi rasa aman dan menciptakan ketertiban bagi masyarakat dalam menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018, Pemerintah Kota Denpasar melalui Satpol PP Kota Denpasar mehimbau masyarakat untuk tidak menggunakan, menyulut, menjual dan membunyikan petasan, mercon, kambang api, serta ‘lom’ (meriam pipa).

Pesta mercon dan petasan identik mewarnai akhir tahun di sebagian wilayah Kota Denpasar. Masih banyak masyarakat yang belum paham tentang resiko akan bahaya petasan.

“Melalui himbauan ini, kami ingin mensosialisasikan, memberikan edukasi masyarakat pentingnya pemahaman akan bahaya petasan, mercon dan lom,” ujar Kasat Pol PP Kota Denpasar, I Dewa Gede Anom Sayoga belum lama ini

Disamping mercon dan petasan, Sayoga menyampaikan penggunaan petasan dari paralon dan bambu hendaknya juga ditertibkan. Ini sangat mengganggu kenyaman dari masyarakat lainnya.

Sedangkan untuk kembang api menurut Sayoga penggunaannya dibatasi hanya saat malam puncak tahun baru dan itupun tempatnya telah ditentukan seperti di lapangan, di pantai dan lahan luas lainya dengan mempertimbangkan aspek keamanan.

Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kejadian kebakaran tahun 2013. “Resiko menyalakan petasan dan lom ini sangat besar, bahkan selain dapat merugikan diri sendiri juga dapat merugikan orang lain,” jelas Sayoga.

Menyalakan petasan dan lom ini merupakan tidak dibenarkan lantaran melanggar Perda No 1 Tahun 2015 tentang ketertiban umum. Sehingga nantinya bagi masyarakat yang masih membandel dan tetap melanggar akan dikenakan hukuman sesuai dengan perda.

"Dengan dasar hukum tersebut semua aparat terbawah dapat mengambil tindakan tegas termasuk memeriksa ijin pedagang yang menjual mercon dan kembang api dan bisa di sidang Tipiringkan, karenanya kami akan rutin menggelar sidak untuk meminimalisir penjualan petasan," ujarnya. (des)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua