Umat Hindu Gelar Persembahyangan Hari Raya Galungan di Kodim Bangli

Rabu, 26 Desember 2018 : 15.38
Persembahyangan di Hari Raya Galungan di Kodim 1626/Bangli
BANGLI - Hari Raya Galungan yang dirayakan setiap 210 hari sekali, tepatnya Buda Kliwon Wuku Dunggulan. diisi persembahyangan dilaksanakan di Pura Kodim 1626/Bangli. Pemangku Kodim Bangli Mangku Sudira memimpin persembahyangan diawali dengan Trisandya dilanjutkan Panca Sembah dan pemercikan air Suci, Rabu (26/12/2018).

Pasiter Kodim 1626/Bangli Kapten Chb Komang Gita siziein Dandim 1626/Bangli Lekol Cpn Andy Pranoto, menyampaikan, bagi Umat Hindu, Hari Raya Galungan memiliki makna sebagai hari kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (kejahatan).

"Identik membuat dan menancapkan Penjor yang dipasang di depan rumah warga. Tepatnya di sebelah kanan pintu gerbang," kataya.

Penjor bermakna sebagai wujud syukur atas kemakmuran dilimpahkan Sang Pencipta, Ida Sang Hyang Widhi, sehingga dalam Penjor Galungan ini juga dipasang berupa hasil bumi, diantaranya adalah padi, kelapa, palawija dan sejumlah hasil bumi lainnya.

"Kita berharap semua menjadi lebih baik. Baik secara kehidupan keluarga menjadi harmonis dan tentunya alam semesta juga menjadi damai," tuturnya. Selesai melaksanakan sembahyang di Pura Makodim Umat Hindu Kodim 1626/Bangli melaksanakan sembahyang di tempat masing-masing mulai dari Merajan dan Pura Desa.

Keluarga Besar Kodim 1626/Bangli juga mengucapkan selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, semoga Kemenangan Dharma atas Adharma dapat dijadikan momentum untuk lebih meningkatkan sradha dab bhakti kita sebagai umat manusia. (rhm)
Loading...

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi