Puluhan Advokat Ferari Jalani PKPA di Kampus Universitas Ngurah Rai

Jumat, 07 Desember 2018 : 16.24
DPD Ferari Bali menggelar Pendidikan Khusus Profesi Advokat di Universitas Ngurah Rai
DENPASAR - Puluhan advokat mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA) yang digelar DPD Federasi Advokat Republik Indonesia (Ferari) Provinsi Bali. Kegiatan dihelat di Kampus Universitas Ngurah Rai (UNR) dibuka langsung Rektor Dr Nyoman Sura Adi Tanaya bersama Ketua Umum DPP Ferari Teguh Samudera, Jumat (7/12/2018).

Ketua DPD Ferari Bali I Made Ardana menyatakan, kegiatan digelar dirangkai dengan penandatanganan MoU dengan Universitas Ngurah Rai. "Organisasi baru lahir di Bali, sebagai langkah awal yang baik, kami bekerjasama dengan Program Studi Ilmu Hukum FH UNR," ujarnya.

Terkait kegiatan ini, dia mengungkapkan, yang perlu dipahami bahwa seorang advokat harus melewati pendidikan advokat seperti PKPA guna peningkatan kapasitas dan kualitas sebagai advokat.

Nantinya, setelah mengikuti pendidikan khusus ini akan dibekali sertifikat sebagai bukti telah melewati pendidikan advokat sebagai salah satu tahapan dan syarat menjalani profesi advokat.

Selama pendidikan ini, para peserta mendapatkan berbagai materi penting seperti pengetahuan soal Mahkamah Konstitusi, kepailitan, hingga hal-hal sengketa Pilkada, etika profesi dan lainnya dalam menjawab tantangan dunia hukum di masa mendatang.

Ardana menambahkan, kolaborasi dengan kampus seperti dilakukan bulan Desember ini, akan berlanjut terus hingga masa mendatang.

Dalam kesempatan itu Sekjen DPP Ferari Kores Tambunan menambahkan, dirinya memberikan materi untuk memperkuat kompetensi dan kualitas sebagai advokat dalam menjawab tantangan ke depan.

"Indonesia masih membutuhkan advokat meskipun saat ini sudah banyak advokat namun tetap dibutuhkan, khususnya dalam menjalankan tugas mulai memberikan pelayanan hukum masyarakat," imbuhnya.

Ketua Umum DPP Ferari Teguh Samudra menyatakan apresiasinya telah diterima menjadi keluarga besar UNR.

"Kami bersyukur diterima Keluarga besar kita bangga dengan niat baik bersatu' dengan dunia pendidikan, kami ingin SDM advokat lebih ditingkatkan seperti yang digaungkan Preside Jokowi yang mulai fokus pembangunan SDM setelah infrastruktur," imbuhnya.

Sementara Rektor UNR Dr Sura Adi berharap advokat sebagai salah satu unsur penegakan hukum di Indonesia, turut berkontribusi dalam mewujudkan supremasi hukum di Indonesia. "Saya berharap adik-adik advokat dan anggota Ferari bisa mewujudkan penegakan hukum agar tidak tajam ke bawah dan tumpul ke atas, tetapi tajam semua arah," imbuhnya.

Pihaknya juga berharap kerja sama dengan Ferari bisa berlanjut di masa depan. Ferari dipersilakan memanfaatkan potensi SDM para dosen yang mumpuni di bidang hukum untuk bersinergi dan sharing pengajuan dan pengalaman.

"Kami siap berdiskusi dengan teman-teman di Ferari, bisa saling kerja sama, memahami, mengerti dan mewujudkan manfaat atau outcome yang positif," tutupnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi