Penghargaan ORI, Kabupaten Klungkung Raih Kepatuhan Tinggi 2018

Rabu, 12 Desember 2018 : 02.00
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung-Bali mendapatkan penghargaan Predikat Kepatuhan Tinggi 2018 yang diselenggarakan Ombudsman Republik Indonesia (RI) di Auditorium TVRI pusat, Jakarta.

Penghargaan merupakan hasil penilaian terhadap standar pelayanan publik sesuai dengan Undang-Undang (UU) No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, Kabupaten Klungkung telah berhasil meraih penilaian dengan angka 92,51 dengan predikat zona hijau.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai serta dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam), Wiranto, Senin 10 Desember 2018.

Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta mengucap syukur acara penghargaan tersebut. Penghargaan tidak lepas kinerja dan kerjasama para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Klungkung dan masyarakat yang selalu memberikan dukungan.

"Tentunya dengan penghargaan ini menjadikan kami semakin semangat untuk menjadi lebih baik dalam pelayanan publik kepada masyarakat Kabupaten Klungkung,” ujarnya.

Bupati Suwirta menambahkan, telah mendapatkan hasil yang baik tahun ini yaitu predikat zona hijau dengan nilai 92,51, nilai tersebut dicapai atas evaluasi kami dari tahun sebelumnya yang penilaian kami masuk zona merah sehingga memacu untuk membedah kriteria dari standar penilaian pelayanan publik.

Untuk itu, pihaknya berupaya agar tahun ini bisa mendapatkan predikat zona hijau, tentunya atas kerjasama OPD yang saling memperbaiki yang dipantau oleh Gerakan Disiplin Nasional (GDN).

"Program pelayanan publik yang kami terapkan diantaranya yaitu ruangan laktasi atau ruang ibu menyusui dibeberapa tempat, jalan akses untuk penyandang difabel, untuk sektor kesehatan inovasi PSC KRIS Klungkung dengan yaitu dengan menelpon 0366118 langsung terhubung dengan call center ambulance," tuturnya.

Kemudiam, ambulance terdekat bisa langsung datang ke lokasi, program pendidikan kami melayani perpustakaan keliling pada hari libur dan dibidang Catatan Sipil (Capil) ada program Predator perekaman data KTP elektronik dengan sepeda motor.

Dalam program ini, petugas turun langsung kedesa-desa melakukan perekaman penduduk lanjut usia (Lansia) dan penyandang disabilitas. Suwirta berharap dengan penghargaan tersebut pelayanan publik di Kabupaten Klungkung menjadi lebih baik dan menjadi motivasi untuk kepala daerah lainnya.

“Saya berharap dengan penghargaan ini kami selaku pemerintah daerah dan para OPD berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya warga kabupaten Klungkung dengan kerja keras, kerja tuntas dan kerja ikhlas," sambungnya.

Selain itu, dengan peraturan UU No. 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, kami berusaha memberikan program yang inovatif dan mempermudah masyarakat baik dalam sektor kesehatan, pendidikan, administasi kependudukan dan sektor lainnya.

Pihaknya berharap semoga penghargaan ini dapat menjadi inspirasi untuk kepala daerah lainnya. Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra sangat mendukung agar Pemkab Klungkung dan OPD untuk mempertahankan predikat tersebut.

“Saya berharap dengan penghargaan dan predikat tersebut dapat menjadi tantangan untuk kami agar mempertahankannya serta meningkatkan nilai tersebut tahun depan, dengan melakukan evaluasi tentunya agar kita dapat mengetahui dimana kekurangannya agar dapat diperbaiki dan disempurnakan”, tutupnya saat menerima penghargaan bersama Kepala Ombudsman Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhattab. (rhm)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru