Laju Inflasi Terkendali, Kinerja Perekonomian Bali Membaik

Kamis, 13 Desember 2018 : 20.27
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana
DENPASAR - Kinerja pertumbuhan ekonomi di Bali menunjukkan tren positif salah satunya karena laju inflasi masih cukup terkendali atau dalam sasaran nasional, yaitu 3,5%±1% (yoy). Hingga November tahun 2018, Bank Indonesia mencatat laju inflasi Bali tercatat 3,43% (yoy).

"Terkendalinya inflasi Bali tersebut, didorong oleh terjaganya pasokan dan distribusi barang untuk komoditas volatile food yang selama ini selalu menjadi penyumbang inflasi di Bali," tutur Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Causa Iman Karana pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia untuk Sinergi dan Pertumbuhan di Kantor BI Bali, Denpasar, Kamis (13/12/2018).

Sejalan dengan tetap kuat dan stabilnya kinerja ekonomi nasional, perkembangan ekonomi Bali juga berada dalam kondisi yang meningkat. Kinerja ekonomi Bali sampai dengan triwulan III 2018 tumbuh sebesar 5,99% (ctc, merupakan pertumbuhan rata-rata triwulan I-III tahun 2018), lebih tinggi dibanding tahun 2017 yang sebesar 5,59 % (yoy).

Peningkatan kinerja ekonomi Bali pada triwulan III 2018, mendorong stabilnya share ekonomi Bali terhadap nasional sebesar 1,57%. Dijelaskan Iman, akselerasi kinerja ekonomi Bali sampai dengan triwulan III 2018, dari sisi permintaan didorong oleh peningkatan kinerja investasi, konsumsi rumah tangga dan konsumsi pemerintah.

Meningkatnya kinerja investasi dikontribusikan oleh akselerasi kinerja investasi bangunan dalam rangka penyelesaian proyek konstruksi dan infrastruktur untuk mendukung perhelatan IMF-World Bank Annuall Meeting 2018.

Sejalan dengan itu, upaya pemerintah baik pada tingkat pusat maupun daerah untuk mendorong percepatan realisasi belanja, juga berkontribusi terhadap peningkatan kinerja ekonomi Bali 2018.

Kemudian, peningkatan kinerja konsumsi rumah tangga dan konsumsi pemerintah juga didorong meningkatnya pembayaran gaji ke 13 dan 14 PNS serta terkendalinya tingkat inflasi Bali 2018, sehingg mendorong tetap kuatnya daya beli konsumen.

Pada sisi penawaran, akselerasi kinerja ekonomi Bali didorong oleh meningkatnya kinerja usaha pertanian, sejalan kondisi cuaca yang mendukung dan program peningkatan produksi komoditas pangan melalui Gerakan Pengelolaan Pertanian Terpadu (GPPT) dan peningkatan produksi ternak melalui sapi induk wajib bunting (Siwab).

Seiring itu, menguatnya kinerja ekonomi global, khususnya negara mitra dagang utama Bali mendorong peningkatan kinerja industri pengolahan yang hingga Tw III 2018 tumbuh sebesar 4,56% (ctc), lebih tinggi dari 0,86% (yoy) pada 2017.

Dibukanya beberapa direct flight baru dari beberapa negara asal wisman sepanjang 2018, juga menjadi pendorong akslerasi ekonomi Bali 2018 dari sisi transportasi dan pergudangan. Dilihat dari sisi fundamental, tingkat inflasi Bali di tahun 2018 masih dalam sasaran nasional, yaitu 3,5%±1% (yoy).

Hingga November 2018, inflasi Bali tercatat 3,43% (yoy). Terkendalinya inflasi Bali tersebut, didorong oleh terjaganya pasokan dan distribusi barang untuk komoditas volatile food yang selama ini selalu menjadi penyumbang inflasi di Bali.

Kondisi ini tidak terlepas dari upaya dan langkah-langkah strategis pengendalian inflasi daerah yang dilakukan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) pada tingkat Provinsi maupun 9 Kabupaten/Kota untuk memastikan keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi dan melakukan komunikasi untuk menjaga ekspektasi masyarakat.

Kerja keras dan koordinasi yang baik dalam TPID pada tahun 2018 telah membuahkan apresiasi. "Kita masih ingat bahwa dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi yang dilaksanakan pada bulan Juli 2018 lalu, Bali meraih satu penghargaan yaitu Kabupaten Bangli sebagai TPID berprestasi 2017 tingkat kabupaten/kota di Kawasan Jawa-Bali," imbuh Iman.

Penghargaan yang disampaikan langsung Presiden Republik Indonesia ini, merupakan bentuk hasil kerja nyata dari upaya bersama dalam pengendalian inflasi. (rhm)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru