ITDC Rancang Atraksi Marina di Pulau Nusa Darma

Sabtu, 08 Desember 2018 : 06.03
Managing Director ITDC I Wayan Karioka
BADUNG - Guna memberikan suguhan berbeda bagi wisatawan yang berlibur ke Bali, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) tengah merancang atraksi marina di pantai sekitar Pulau Nusa Darma, Nusa Dua, Badung Bali.

Managing Director Nusa Dua PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) I Wayan Karioka, mengungkapkan, pihaknya tengah fokus mengoptimalkan lahan-lahan yang bisa untuk menambah daya tarik kawasan Nusa Dua yang merupakan salah satu destinasi favorit di Bali.

"Kami terus berbenah diri, Bali sebagai tulang punggung pariwisata di Indonesia, harus terus meningkatkan daya tarik bagi wisatawan," tutur Karioka di sala kegiatan Cooking Class yang diikuti paguyuban pedagang kawasan Nusa Dua, Jumat 7 Desember 2018.

Salah satu upaya yang tengah dirancang adalah menambah fasilitas-fasilitas obyek pariwisata NUsa Dua seperti memanfaatkan tanah-tanah seperti di Pulau Nusa Darma yang kondisinya mengkhawatirkan akibat abrasi.

"Kami akan pasang penahan gelombang di sekitar Pulau Nusa Darma yang semakin lama ikian terkikis oleh abrasi laut," jelasnya. Hanya saja, ada kendala dihadapi karena sampai saat ini, belum ada aturan spesifik terkait pembangunan penahan gelombang sehingga pihaknya berharap bisa segara dilengkapi, diperbaiki.

Adanya penahan gelombang itu, nantinya air laut di sekitarnya akan bisa lebih tenang, sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan wisata bahari seperti berbagai macam atraksi dan permainan.

Pada bagian lain, Kariada menambahkan, salah satu pembenahan yang dilakukan juga menyangkut kualitas atau kemampuan SDM dari para pihak yang menjadi bagian penting dari pariwisata Nusa Dua seperti para pedagang yang tergabung dalam beberapa paguyuban.

Setiap akhir tahun pihaknya melaksanakan tanggungjawab sosial atau CSR lewat kegiatan pembinaan dan peningkatan kapasitas bagi para pedagang yang selama ini, melayani wisatawan di sekitar Nusa Dua.

Kegiatan Cooking Class yang diikuti paguyuban pedagang di Nusa Dua
"Kegiatan cooking class ini, diharapkan, bagaimana mereka bisa memberikan servis, layanan terbaik kepada tamu yang datang, bagaimana mereka bisa berdagang yang baik membuat wisatawan nyaman sehingga kami berikan pelatihan," tandasnya.

Ada tiga paguyuban di kawasan Nusa Dua, yang setiap tahun rutin mendapatan pelatihan pembinaan dari ITDC. Harapannya, lewat pelatihan ini, mereka bisa memberikan penyajian, pelayanan kepada pengunjung sehingga merasa nyawan dan terkesan untuk datang kembali.

Dalam pelatihan ini, pihaknya menggandeng ICA yang bertindak sebagai mentor bagi para pedagang. Selain mendapat bekal materi secara teoritis, para peserta juga akan menerapkan ilmu dan ketranpilan di dapat saat pelatihan dalam kegiatan mereka secara langsung.

"Nanti chef yang kita hadirkan akan datang langsung ke tempat-tempat usaha pedagang untuk melihat dari dekat bagaimana ilmu yang didapat dipraktekkan secara langsung di tempat mereka berdagang," tandasnya.

Dengan begitu, pelatihan yang diberikan bisa lebih mengena antara teori dan praktek. Pihaknya akan secara bertahap memberikan berbagai macam pelatihan bagi hospitality lainnya seperti security, para sopir taksi dan lainnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi