menu
search

Disdukcapil Tabanan Musnahkan 9.698 Keping KTP-EL

Rabu, 19 Desember 2018 : 14.52
Kepala Disdukcapil Tabanan tunjukkan KTP-EL rusak atau invalid yang akan dmusnahkan dan dibakar
TABANAN - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tabanan, Bali memusnahkan 9.698 keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) dengan cara membakarnya di samping Gedung Kantor Dsdukcapil Tabanan, Rabu (19/12/2018) siang.

Selain dihadiri Kepala dan jajaran Disdukcapil, pembakaran KTP-EL tersebut juga dihadiri sejumlah saksi dari perwakilan Polres Tabanan, KPU Tabanan, Inspektorat, Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Keuangan Daerah, Humas dan Protokol serta Bagian Tata Pemerintahan Setda Tabanan.

Kepala Disdukcapil Tabanan I Gusti Agung Rai Dwipayana yang memimpin langsung proses pembakaran KTP-EL mengungkapkan, KTP-EL yang dimusnahkan kali ini merupakan KTP-EL yang rusak atau invali yang telah digunting di bagian pojoknya.

"KTP-EL yang dibakar kali ini merupakan KTP-EL yang rusak atau invalid yang dikumpulkan Disdukcapil Tabanan selama tahun 2018. Tadi sudah kita hitung bersama. Total jumlahnya ada 9.698 keping," katanya.

Menurut Dwipayana, pemusnahan KTP-EL tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Mendagri Nomor: 470.13/11176/SJ tertanggal 13 Desember 2018. Selain itu juga agar KTP yang rusak atau invalid tersebut tidak disalahgunakan.

"Sebelum ada Surat Edaran Mendagri tersebut, KTP-EL yang rusak atau invalid sejak tahun 2012 dikumpulkan dan dikirimkan kembali ke Kemendagri. Jumlah pastinya saya tidak ingat pasti," katanya berterus-terang.

Disebutkan, kerusakan atau invalidnya KTP-EL yang dibakar tersebut karena fisiknya rusak dan tidak terbaca, datanya salah, hasil cetakannya buram, tidak terbaca atau kerusakan lainnya. (gus)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua