menu
search

Bupati Eka Raih Penghargaan Nasional Anugerah Parahita Ekapraya

Kamis, 20 Desember 2018 : 06.05
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat menerima trophy penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise
JAKARTA - Bupati Tabanan Bali, Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sebulan ini meraih dua penghargaan di tingkat nasional. Bila seminggu sebelumnya penghargaan yang diraih berupa "Kabupaten Peduli HAM" dari Menkumham, kali ini Bupati Eka meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018.

Penghargaan APE tahun 2018 tersebut diterima Bupati Eka langsung dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise saat kegiatan serangkaian Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-90 Tahun 2018 di Istana Wakil Presiden, Jakarta pada Rabu (19/12/2018).

Terkait penghargaan yang diterimanya tersebut, Bupati Eka Wiryastuti menyatakan rasa syukurnya karenba kembali mendapat kepercayaan dari pem,erintah pusat.

“Astungkara, saya merasa bersyukur karena kembali mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat. Melalui penghargaan ini program kesetaraan gender, perlindungan perempuan, ibu dan anak sudah berjalan dan bergerak di Tabanan. Penghargaan ini harus dipertahankan dan kami ke depan harus menjadi lebih baik lagi”, paparnya.

Menurut Bupati Eka, di Tabanan sudah lama memiliki program khusus untuk perempuan. Di antaranya adalah program khusus Tabanan bebas kanker serviks yang merupakan salah satu perlindungan ibu, jika ibunya sehat anaknya juga pasti sehat.

"Di Tabanan juga ada program perlindungan hukum kepada perempuan untuk mencegah KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) bekerjasama dengan beberapa lembaga hukum yang kita tempatkan di beberapa desa untuk menginformasikan apa saja hak-hak perempuan”, tambahnya.

Tidak itu saja, di Tabanan juga ada Program pemberdayaan perempuan yang ditopang dan didukung oleh BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) yang ada di setiap desa. Kelompok perempuan yang memproduksi, BUMDes yang menjual produknya.

“Program anak sendiri kami juga sedang mengembangkan taman untuk anak-anak dan anak-anak ini merupakan media yang tepat dalam pelestarian kebudayaan dan permainan tradisional seperti pada saat festival Jatiluwih kami juga menampilkan permainan tradisional”, kata Bupati Eka.

Bupati Eka berharap perempuan di Kabupaten Tabanan ke depan semakin maju, “Saya berharap kaum perempuan di Tabanan semakin maju, mengedepankan kepentingan umat khususnya kaum perempuan dan Kabupaten Tabanan menjadi yang terbaik sehingga dapat menjadi inspirasi untuk Kepala daerah lainnya”, harapnya. (gus)

Rekomendasi

Berita Terbaru

Lihat Semua