61 Tahun Pertamina, Puluhan Penyelam Tanam Terumbu Karang di Pesisir Bali

Selasa, 18 Desember 2018 : 20.00
Pelepasan tukik di pesisir Pantai Bali Timur salah satu kegiatan menyemarakkan HUT ke-61 Pertamina
KARANGASEM - Dalam menyemarakkan ulang tahun Pertamin ke- 61 tahun, sebanyak 41 penyelam Pertamina Diving Club (PDC) menanam 14 artificial reef house atau struktur terumbu karang di pantai Tianyar, Kecamatan Tianyar, Karangasem.

Aksi peduli lingkungan ini digelar pada Sabtu 15 Desember 2108. kegiatan diisi penanaman artificial reef house, pertamina juga melalukan penanaman terumbu karang, pelepasan tukik dan bersih-bersih pantai.

Direktur hulu pertamina Dhatmawan Samsu mengungkapkan, penanaman struktur terumbu karang ini sebagai bagian rangkaian peringatan hari ulang ulang tahun 61 Pertamina.

Struktur terumbu karang terbuat dari beton dengan berupa stupa. Diberi sejumlah lunang tempat agar bebas bermain ikan. Selain itu pada struktur terumbu karang tersebut juga diberi aksara memnentuk tulisan "PERTAMINA".

Lokasi konservasi ini merupakan titik yang mendapat perhatian khusus Pertamina. Bekerjasama dengan komunitas warga lokal setempat, pertamina melalui prigram CSR melakukan perbaikan dan pelestarian terumbu karang ei perairan setempat.

"Ini adalah inisiatif pertamina bersinergi dengan melalui PDC dan bersinergi dengan komunitas lokal," jelas Dharmawan. Dia menambahkan program pelestarian terumbu karang dan menciptakan habitat yang sehat bagi biota laut.

Di titik ini terumbu karang ini sebelumnya, mengalami kerusakan akibat berbagai hal. Dengan program CSR yang dikucurkan pemerintah lambat laun kembali pulih. Desa sekitar juga lambat laun berkembang menjadi destinasi wisata berbasis pelestarian lingkungan.

Ketua Badan Pembina Olahraga (Bapor) Pertamina Mardiani mengatakan kegiatan kali ini diikuti penyelam Pertamina dari seluruh Indonesia. Dimana seluruhnya telah mengantongi sertifikat penyelam.

Dijelaskan dia, sekitar pantai ada kehidupan masyarakat pesisir yang sangat bergantung pada ketersediaan ikan. Dengan melestarikan terumbu karang Pertamina ingin menjaga kesinambungan kehidupan laut melalui kegiatan konservasi," imbuhnya. (rhm)
Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi

Berita Terbaru