Uji Kompetensi Aparatur Perikanan Tabanan di TUK P2MKP Karya Lestari

Selasa, 06 November 2018 : 06.14
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti berfoto bersama dengan undangan, panitia, pelatih dan peserta
TABANAN – Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti membuka kegiatan Magang Teknis Perikanan dan Uji Kompetensi Aparatur Perikanan di Aula Dekopinda, Tabanan, Senin (5/11/2018). Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Perikanan (Diskan) dan Tempat Uji Kompetensi (TUK) Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Karya Lestari Kabupaten Tabanan.

Bupati Tabanan dalam sambutannya memberikan apresiasinya dan dukungannya terhadap kegiatan baru kali pertama dilaksanakan di Kabupaten Tabanan. "Kabupaten Tabanan membutuhkan SDM yang layak untuk diperjuangkan dan dipertanggungjawabkan dan siap bersaing ke depannya," katanya.

Bupati Eka berharap adanya kegiatan ini akan dapat mengembangkan SDM sebagai calon-calon asesor yang bisa melakukan sertifikasi sehingga ke depan di Tabanan TUK P2MKP Karya Lestari mampu menjadi center asesmen yang akan menjadi leading di Bali.

Menurut Bupati Eka, sekarang sudah bukan zaman normatif lagi, sekarang zaman digital dan cepat. Meskipun digital kita tidak boleh instan. Harus benar-benar memahami apa yang diberikan sebagai modal kita ke depan.

"Saya berkeyakinan kita bisa mengembangkan calon-calon asesor yang akan mampu membuat bangga Tabanan.” jelasnya.

Disebutkan, Pemerintah Kabupaten Tabanan akan senantiasa memberikan dukungan. Indonesia dan Tabanan khususnya, tidak boleh kalah dalam bersaing dengan Negara lain.Hal ini merupakan Tantangan ke depan untuk menjadikan SDM kita menjadi cerdas untuk bersama-sama membangun Tabanan .

“Kita tidak boleh kalah bersaing dengan negara-negara lain. Maka dari itu kita harus terus belajar, karena belajar tidak mengenal waktu dan umur. Kalau kita diam, kita akan ketinggalan segalanya. Apa yang kita dapatkan hari ini adalah bonus kehidupan. Mari Bangun Tabanan yang kita cintai.” ajaknya

Sebelumnya, Ketua TUK P2MKP Karya Lestari Ni Made Putriningsih Wirna dalam laporannya mengungkapkan, tujuan pelaksanaan kegiatan Magang Teknis Perikanan dan Uji Kompetensi Perikanan ini adalah dalam rangka mengantisipasi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asian (MEA).

Terkait hal itu diperlukan upaya untuk memperkuat daya saing tenaga kerja di Indonesia di pasar global dengan menempatkan penguasaan kompetensi sebagai fokus pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan.

“Sehubungan dengan hal tersebut Pemda Tabanan melalui Dinas Perikanan dan TUK P2MKP Karya Lestari Tabanan siap mendukung pelaksanaan sistem sertifikasi di bidang kelautan dan perikanan,” katanyanya.

Dijelaskan, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah perjanjian kerjasama (MoU) nomor 01/P2MKP-KL/VII/2018 dan Nomor 523/1764/Diskan 2018. Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 ASN yang berasal dari Dinas Perikanan Tabanan dan 2 orang swadaya dan akan berlangsung hingga 10 November mendatang.

“Waktu pelaksanaan magang teknis perikanan dan uji kompetensi dimulai hari ini hingga 10 November nanti. Untuk tempat pelaksanaan dibuka hari ini di Kantor Dekopin Tabanan sedangkan pelaksanaan selanjutnyta di TUK P2MKP Karya Lestari Tabanan,” jelasnya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan (LSP-KP) Herry Maryuto selaku narasumber dan pelatih.

Dalam sambutannya, Herry Maryuto memberikan pujian kepada Kabupaten Tabanan, khusunya Bupati Tabanan karena langsung menghadiri dan membuka kegiatan ini sendiri. "Hal ini membuktikan tingginya apresiasi ibu Bupati Tabanan terhadap peningkatan SDM Kelautan dan Perikanan. Biasanya yang hadir hanya setingkat Kabid atau Kadis," katanya.

Maryuto juga berharap kegiatan yang akan berlangsung hingga 10 November mendatang ini para peserta dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan sungguh-sungguh. “Meski kegiatan pembelajaran dilaksanakan dari pagi sampai malam, saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik,” ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut Sekda Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Kepala Dinas Perikanan I Made Subagia dan Kepala OPD lainnya di lingkungan Pemkab Tabanan. Tampak hadir juga Utami Widiasih, Master Asesor mendampingi Direktur LSP-KP selaku narasumber dan pelatih. (gus)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi