Ramp Check Pesawat di Bandara Ngurah Rai, Otban Pastikan Keselamatan Penerbangan

Senin, 05 November 2018 : 00.00
Pemeriksan pesawat ramp check dilakukan secara random oleh Otban Wilayah IV
DENPASAR - Pemeriksaan ramp check terhadap pesawat dilakukan rutin secara random oleh Otoritas Bandara Wilayah IV di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai untuk semua maskapai guna memastikan keselamatan penerbangan.

Pemeriksaan dilakukan oleh PT. Angkasa Pura I (Persero) dan Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Herson yang memimpin langsung jalannya ramp check baik terhadap pesawat dalam negeri maupun asing usai melakukan pendaratan, Minggu (4/11/2018).

Herson menjelaskan, sebelum dilakukan pemeriksaan, terlebih dahulu memberitahukan kepada maskapai terkait pesawat mana saja yang akan datang mendarat. "Kami lakukan ramp check pesawat yang mendarat awal dahulu, mereka memiliki interval waktu 45 menit sehingga kami minta waktu antara 15 sampai 20 menit," tutur Herson.

Pemeriksaan secara random itu dilakukan untuk hal-hal baik yang bersifat administratif maupun teknis sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku. Hanya saja, karena lalu lintas penerbangan cukup banyak termasuk jumlah pesawatnya sehingga pihak Otban, tidak mungkin melakukan pemeriksaan terhadap semua pesawat yang tiba di bandara.

"Tidak mungkin semua diperiksa, kami periksa secara random," katanya menegaskan.

Kepala Otban Wilayah IV Herson memberikan keterangan pers
Pihak maskapai sejatinya juga telah rutin melakukan pemeriksaan pesawat sesuai SOP. Baik dari perusahaan maskapai maupun pihak Otban memiliki pemeriksaan teknis masing-masing. Namun sesekali juga dilakukan secara gabungan bersama antara Otban dan maskapai.

"Semua itu dilakukan untuk memastikan keselamatan penerbangan," tandasnya lagi. Dikatakan, sejatinya pegecekan ini rutin dilakukan sebagai jaminan keselamatan seluruh penumpang dan awak pesawat.

"Jika ada temuan oleh teknisi, kita langsung turun,"sambungnya. Semua pesawat baik yang baru landing atau yang akan take off menjalani pemeriksaan yang hasilnya akan digabungkan dengan catatan pilot saat terbang.

"Pilot kan biasanya memiliki catatan, itu juga kita jadikan bahan untuk pengecekan," tutur Herson (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi