Petugas Gabungan Amankan Pembebasan Renae "Bali Nine" Lawrance

Kamis, 22 November 2018 : 00.00
Petugas gabungan mengamankan jalannya pembebasan Rene " Bali Nine" Lawrence dari Rutan Bangli /foto : Humas Polda Bali
BANGLI - Petugas gabungan kepolisian dari Polres Bangli dan Polda Bali mengamankan pembebasan narapidana kasus narkoba Bali Nine Renae Lawrance di Rutan kelas IIB Bangli, Rabu (21/11/2018).

Kapolres Bangli AKBP Agus Tri Waluyo memimpin langsung pengamanan perempuan asal Australia tersebut. Renae Lawrance ditangkap di Bandara Ngurah Rai - Bali karena berupaya menyelundupkan lebih dari 8 kilogram heroin keluar dari Indonesia.

Dia telah selesai menjalani hukuman penjara sesuai vonis dari Pengadilan Tinggi Denpasar selama 20 tahun penjara denda 1 milyar rupiah dan subsider 6 bulan kurungan di Rutan Kelas II B Bangli, berdasarkan Keputusan Pengadilan Tinggi Denpasar Nomor: 21/Pid.8/2006/PT.Dps tanggal 13-04-2006, karena memenuhi unsur pasal 82 ayat (3) UU RI No. 22 tahun 1997 tentang Narkotika.

Renae menjalankan pidana terhitung sejak tanggal 13 April 2006 sampai 21 November 2018, termasuk didalamnya pengurangan masa pidana berupa remisi hari kemerdekaan dan hari raya keagamaan.

Selain itu, penambahan pidana subsider selama 6 (enam) bulan akibat tidak dapat melaksanakan pidana denda Rp. 1.000.0000.000, (satu milyard rupiah).

Pembebasan Napi Narkoba dihadiri oleh Kakanwil Kemenkumham RI Provinsi Bali Maryoto SumadiI, Kepala divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Hukum dan HAM RI Provinsi Bali Agato P. Samodra dan Kalapas Narkotika Kelas II A Bangli Arif Rahman.

Kegiatan pengamanan diawali pemberian arahan kepada anggota oleh Kabag Ops Polres Bangli Kompol Ngakan Putu Anom Semadi terkait tugas yang harus dilaksanakan dalam pengamanan dan pengawalan pembebasan Napi Narkotika Bali Nine tersebut.

Kapolres Agus mengatakan pihaknya telah menerjunkan 50 personel dalan pengamanan pembebasan Narapidana Narkoba di Rutan kelas IIB Bangli.

"Untuk pengamanan kami menerjunkan 50 Personel yang bergabung dengan personel Polda Bali dengan bentuk pengamanan antara lain Pengamanan terbuka, tertutup dan pengawalan menuju Bandara Ngurah Rai," jelas Kapolres.

Agus mengungkapkan pengamanan yang dilakukan sesuai Standard Oprasional Prosedure Kepolisian. "Pengamanan ini dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) di Kepolisian tidak ada yang istimewa," imbuhnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi