KOKAM Buleleng Perkuat Pasukan Pengawal Pataka I Gusti Ngurah Rai

Kamis, 15 November 2018 : 10.20
BULELENG - Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Buleleng turut menjadi pasukan inti pengawal Pataka/Panji-panji dan Surat Sakti Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai dalam napak tilas perjuangan I Gusti Ngurah Rai saat melintas di Kabupaten Buleleng, Senin, 12 November 2018.

Pasukan inti terdiri atas pasukan Dandim 1609/Buleleng, Kwarcab Pramuka Buleleng, Pemuda Panca Marga Buleleng, Pasukan Bela Negara Kabupaten Buleleng, KNPI Kabupaten Buleleng, dan KokamBuleleng.

Napak tilas perjuangan I Gusti Ngurah Rai dilaksanakan serangkaian memperingati Hari Pahlawan 10 November dan Puputan Margarana 20 November, serta mengingat kembali perjuangan Pasukan Ciung Wanara dalam melawan pendudukan Belanda di Bali.

Pada Senin, 12 November 2018, pataka dan surat sakti I Gusti Ngurah Rai tiba di Buleleng setelah melintasi Kabupaten Jembrana. Upacara serah terima Pataka, Panji-Panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai dilaksanakan di Lapangan Umum Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak.

Pasukan pengusung tiba pukul 10.04 ke tempat upacara dan langsung diadakan upacara serah terima pasukan pengusung dengan Inspektur Upacara Asisten III Ketut Asta Semadi.

"Sebanyak 15 personil KOKAM Buleleng dilibatkan dalam kegiatan Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai ini," jelas Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Buleleng, Soleh Abidin.

Pengawalan Pataka, Panji-Panji dan Surat Sakti I Gusti Ngurah Rai dilaksanakan selama 2 hari yaitu tanggal 12 - 13 November 2018 yang menempuh jarak sekitar 140 Km dari Desa Peuteran, Gerokgak, Buleleng dan berakhir di Lapangan Gajah Wea, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem.

Selanjutnya, diserahterimakan kepada Pasukan Pengusung berikutnya yaitu dari Kabupaten Karangasem.

"Kami merasa bangga bisa ikut dalam kegiatan Napak Tilas Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai yang dilakukan oleh Pasukan Pengusung dari Kabupaten Buleleng. Apalagi KOKAM Buleleng bisa masuk dalam pasukan inti. Ini bukti komitmen KOKAM akan nilai-nilai perjuangan para pahlawan bangsa," tandasnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi