Karya Sutradara Peraih Emmy Award Lisa Russell Dikupas di Bali

Senin, 19 November 2018 : 20.27
Lisa Russel, sutradara peraih Emmy Award
DENPASAR - Sutradara peraih Emmy Award, Lisa Russell berbagai pengalaman dalam menelorkan karya-karya terbaiknya di bidang film kepada masyarakat Bali.

Program Sinema Bentara yang berlangsung pada 16-17 November 2018 di Bentara Budaya Bali (BBB) selain menayangkan film-film terpilih Indonesia dan mancanegara dalam bingkai tajuk “Cerita Orang Biasa”, juga mengetengahkan pula diskusi bersama Sutradara peraih Emmy Award, Lisa Russell.

Pada program tersebut ditayangkan sejumlah film karya Lisa Russell, antara lain Mother’s Cry (2015), Heroines of Health (2017) dan #Create2030 (2018).

Tercermin melalui film-film itu upaya sang sutradara menghadirkan sebentuk kepedulian sosial dan gerakan kemanusiaan, seraya menyerukan bagi siapapun untuk terus memperjuangkan nilai-nilai positif diyakini serta memulai perubahan dari hal-hal kecil di sekitar kita.

Mother’s Cry adalah video pendek pemenang penghargaan berbagai festival film internasional yang menampilkan penyair muda terkenal, Savon Bartley. Ia menyuarakan isu perubahan iklim dengan menggunakan kata-kata terpilih sebagai media bercerita.

Sementara Heroines of Health adalah sebuah film baru yang diproduksi oleh GE Healthcare, memberikan pandangan yang mendalam tentang kehidupan tiga wanita yang luar biasa – Dr. Sharmila (India), Mercy (Kenya) dan Ibu Rohani (Indonesia) yang telah mengatasi tantangan luar biasa untuk menjadi kekuatan penyelamat hidup tentang kesehatan global di komunitas mereka.

Selain sebagai pembuat film, Lisa Russell juga seorang kurator. Ia juga turut serta dalam berbagai proyek pembangunan internasional yang melibatkan relawan kemanusiaan. Hal tersebut menjadi inspirasi untuk karya filmnya mengenai kesehatan dan kesejahteraan masyarakat global.

Diungkapkan harapan agar melalui film-filmnya bisa memberikan dampak bagi komunitas, mempengaruhi cara orang berpikir, juga bagaimana pemangku kebijakaan mengambil keputusan.

Lisa juga merencanakan untuk kembali lagi ke Bali dan berkolaborasi dengan sutradara atau para kreator lokal di Bali dalam sebuah program bersama yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Bali.

Para penonton, sebagian besar anak-anak muda, merasa beruntung mendapat kesempatan berjumpa langsung dengan Lisa Russell dan terinspirasi oleh gerakan serta karya-karyanya.

Selain film-film Lisa Russell, ditayangkan pula 3 film dari belahan negeri Timur yang terangkum dalam program East Cinema - Watertreefilm, antara lain From The Edge Of Sanity (Bosnia & Syiria, 2017, sutradara Milana Majar); Arrival (Irak, 2018, sutradara Mustafa al-Janabi) dan It’s Back Then (Irak, sutradara Wathab Siga). (des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi