BPJS Kesehatan Tegaskan Sistem Rujukan Online Permudah Pasien dan Faskes

Rabu, 07 November 2018 : 23.30
Deputi Direksi Wilayah Bali, NTT dan NTB BPJS Kesehatan Army A.Lubis
DENPASAR - Sistem rujukan online adalah untuk memberikan kemudahan kepada pasien maupun fasilitas kesehatan (faskes).

"Sistem rujukan online merupakan digitalisasi proses rujukan berjenjang untuk kemudahan dan kepastian peserta dalam memperoleh layanan di rumah sakit disesuaikan dengan kompetensi, jarak, dan kapasitas rumah sakit tujuan, rujukan berdasarkan kebutuhan medis pasien,” jelas Deputi Direksi Wilayah Bali, NTT, dan NTB BPJS Kesehatan, Army A. Lubis dalam rilis, Rabu (7/11/2018).

Dijelaskan, keuntungan sistem rujukan online bagi pasien adalah pelayanan lebih cepat karena tidak perlu input data ulang, mengurangi lama antrian, mengurangi potensi penolakan peserta karena tidak membawa surat rujukan.

Sementara, keuntungan bagi faskes adalah mengetahui data calon pasien sehingga dapat melakukan rencana terapi yang diperlukan, tersedianya data yang akurat untuk analisis monitoring dan evaluasi, terjadi koordinasi antarfaskes secara real time, dan mengurangi biaya administrasi.

Army mencontohkan, sseorang pasien yang dirujuk ke dokter spesialis penyakit dalam, maka sistem rujukan online akan mencarikan rumah sakit yang terdekat dengan domisili dan tersedia dokter spesialis penyakit dalam.

Bahkan pada sistem ini akan disediakan informasi jadwal prakteknya baik hari maupun jam praktiknya, sehingga pasien tidak perlu khawatir akan bolak-balik karena dokter spesialis yang dituju sedang tidak praktik.

Ditegaskannya lagi, sebelum sistem rujukan online diberlakukan, sering terjadi kasus pasien yang telah dirujuk ke dokter spesialis di RS tertentu, namun setelah pasien tiba di RS tersebut, ternyata dokter yang dituju tidak praktik atau bahkan di RS tersebut tidak ada dokter spesialis yang dituju.

"Inilah yang menjadi faktor mengapa sistem rujukan online akan sangat mempermudah pasien," tandasnya lagi.

Selain itu keuntungan lain adalah jika rumah sakit terdekat telah terpenuhi kapasitas pelayanannya, maka secara otomatis sistem akan memberikan pilihan rumah sakit lain yang kompetensinya sama dengan jarak yang terdekat.

Dengan penjelasan itu sekaligus menjawab pemberitaan yang menyatakan bahwa saat pelaksanaan sistem rujukan online ini pasien harus bolak-balik dari RS satu ke RS lainnya. "Bahkan dengan kondisi saat ini saat ketersediaan dokter spesialis belum merata, maka sistem rujukan online justru menjadi solusi masalah ini," demikian Army. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi