Warga Sidemen Harapkan Potensi Wisata Arum Jeram Kian Dikenal Wisatawan

Senin, 15 Oktober 2018 : 09.22
Aksi bersih-bersih pemuda Desa Sangkan Gunung Sidemen, Karangasem
KARANGASEM - Warga banjar Dinas Pakel, Desa Sangkan Gunung, Sidemen Kabupaten Karangasem terus mengenalkan potensi wisata alam arum jeram agar semakin dikenal wisatawan.

Karena itu, mereka menjaga dan peduli dengan keberadaan wisata arum jeram itu seperti dilakukan para pemuda setempat. Mereka melakukan aksi bersih bersih di dekat Bendungan Bajing. Mereka juga melakukan bersih bersih di lokasi sekitar sekaligus memperkenalkan potensi Wisata Desa tersebut.

Kegiatan dilakukan dalam rangka hari Sumpah Pemuda dan juga ulang tahun STT Wana Giri Banjar Pakel dengan menggandeng Pokdarwis Amerta Giri.

Ketua Pokdarsis Amerta Giri Kadek Sujanayasa menjelaskan, aksi ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pariwisata selain untuk pelestarian lingkungan. Terlebih lagi desa ini kerap dilintasi wisatawan yang melakukan rafting. Di sepanjang Tukad Telagawaja.

"Kegiatan ini juga mempromosikan potensi air terjun di Dam tersebut. Sujanayasa sendiri berharap dengan kegiatan ini kalangan muda makin peduli akan kondisi lingkungan dan juga potensi pariwisata di desa," imbuhnya baru-baru ini.

Gerakan Satpa Pesona selain krama (warga) desa Pakraman Sangkan Gunung dan sekaa Truna-truni, kata Sujanayasa, pihaknya juga bekerjasama dengan masyarakat lainya, seperti Dinas Pariwisata Karangasem.

Sejumlah mahasiswa Politehnik Negeri Bali,para guru dan siswa SMP 1, Atap Sangkan Gunung, para guru dan siswa SD 5 Sangkan Gunung, unsur kecamatan Sidemen, perangkat Desa Perbekel Sangkan Gunung, dan juga Trash Hero Candi Dasa. "Total yang ikut gerakan ini hampir 700 orang lebih," ujarnya lagi.

Gerakan Sapta Pesona selain menggelar berbagai lomba di sungai, pihaknya juga melakukan aksi bersih sampah di Sungai. Sementara, sampah yang dikumpulkan langsung di bawa oleh Dinas Lingkungan Hidup untuk dibuang ke TPA.

Sujanayasa berharap, gerakan ini nantinya akan meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan khususnya di alur sungai. "Selama ini kan alur sungai sudah menjadi lokasi wisata arum Jeram, kita ingin menjaganya," tutupnya. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi