Umat Hindu Sambut Hari Saraswati Simbol Turunnya Ilmu Pengetahuan

Minggu, 14 Oktober 2018 : 10.11
DENPASAR - Umat Hindu menyambut Hari Suci Saraswati atau hari turunnya ilmu pengetahuan ke bumi dengan kegiatan persembahyangan bersama.

Dalam rangka memperingati Hari Suci Saraswati yang merupakan simbol diturunkannya ilmu pengetahuan ke dunia, Maha Warga Bhujangga Waisnawa Kemoncolan, Kota Denpasar menggelar sembahyang bersama serta menyelenggarakan berbagai lomba.

Kegiatan yang dipusatkan di Pura Batur Sari Banjar Gelogor, Pemecutan Denpasar dibuka langsung Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara pada Sabtu (13/10/2018) malam. Sebelumnya, digelar persembahyangan bersama serta prosesi mejaya-jaya pembentukan pengurus organisasi pemuda Maha Warga Bhujangga Waisnawa di Kota Denpasar.

Ketua Moncol Bhujangga Waisnawa se-Kota Denpasar, Gede Ngurah Ambara bersama Manggala Karya, Ketut Bagus Kerta Negara mengatakan bahwa hari suci tersebut dirayakan oleh umat Hindu setiap enam bulan sekali sebagai hari lahirnya ilmu pengetahuan yang digunakan manusia sebagai tuntunan hidup.

Dengan berbekal ilmu pengetahuan manusia dapat melaksanakan berbagai macam aktivitas dan kegiatan yang bermanfaat bagi orang lain. “Karena begitu pentingnya ilmu pengetahuan dalam kehidupan manusia, maka hari raya Suci Saraswati harus dirayakan secara khusuk oleh semua umat Hindu,” jelasnya.

Terkait lomba pada peringatan hari suci tersebut, Ambara menerangkan bahwa hal itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas spritual generasi muda umat Hindu. Berbagai lomba tersebut diantaranya lomba kidung, macepat, ngulat klakat dan kelangsah serta lomba rejang renteng yang diikuti kurang lebih 100 peserta dari 4 kecamatan di Kota Denpasar.

Tujuan kegiatan, dalam rangka meningkatkan pengetahuan spritualitas generasi muda kami. Selain itu dapat mempererat rasa persaudaraan serta sebagai ajang silahturahmi bagi Maha Warga Bhjangga Waisnawa.

Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara dalam hal ini Pemerintah Kota Denpasar sangat mengapresiasi kegiatan ini yang sangat menarik dan tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan ilmu pengetahuan serta semangat para peserta untuk menjaga kebudayaan. (des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi