Tingkatkan Produksi, Petani Manfaatkan Teknologi Pertanian

Selasa, 23 Oktober 2018 : 09.00
KEDIRI - Pemanfaatan teknologi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan produksi pertanian. Selain itu pemanfaatkan teknologi bisa menjadi solusi dalam mengoptimalkan produksi seiring menyusutnya luas lahan pertanian. Dampak positif pemanfaatan teknologi pertaniam telah dirasakan Hasan Prasejo.

Menurut petani asal Desa Kebon Sari, Kecamatan Kanigaran, Probolinggo, Jawa Timur itu, dengan pemanfaatan teknologi, kesejahteraan petani lebih terjamin karena produk yang dihasilkan berkualitas.

"Kesejahteraan petani lebih terjamin dengan teknologi karena produksi lebih meningkat," ujar Hasan di sela-sela acara Guyub Panen Nusantara di Desa Mejono, Kabupaten Kediri, Kamis (18/10/2018).

Hasan mengaku senang dengan kualitas dan harga jagung yang meningkat. Dia menyebutkan saat ini harga jual jagung dari petani ke pengepul berada di kisaran Rp4.900 dengan kadar air 17 persen.

Hasan senang, karena harga jagung sangat bagus, jadi keuntungan dengan harga sekarang bisa sampai tiga kali lipat. "Dengan penerapan teknologi bisa sampai lima kali dengan jarak tanam jajar legowo yang rapat,” imbuhnya.

Guna mengurangi biaya produksi, pemerintah memberikan bantuan benih jagung dan mesin pertanian. Terkait harga jual, dia berharap, setiap produk pertanian memiliki Harga Pokok Penjualan (HPP).

Dia menaruh harapan ntuk pertanian di Indonesia, semua produk ada Harga Pokok Penjualan (HPP). (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi