Terdampak Bencana Gunung Agung, Akreditasi Puskesmas di Karangasem Molor

Senin, 22 Oktober 2018 : 12.29
KARANGASEM - Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa mengakui akreditasi terhadap sejumlah Puskesmas menjadi terhambat sebagai akibat dampak bencana erupsi Gunung Agung.

Hal itu disampaikan Artha saat menghadiri kegiatan pelaksanaan Pra-Meeting Akreditasi FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) Puskesmas Bebandem dan Abang I yang dilangsungkan di Taman Ujung Resort and Spa, Minggu (21/10/2018).

Artha menyampaikan apresiasi terhadap kedatangan Tim Surveior serta menyampaikan tentang kepemilikan fasilitas kesehatan yang tersebar pada 8 (delapan) kecamatan di Kabupaten Karangasem.

Dikatakan, masih terdapat ketidakmerataan akreditasi pada fasilitas kesehatan tersebut, khususmya pada Puskesmas. "Atas nama Pemerintah Kabupaten Karangasem, saya mengucapkan selamat datang kepada Tim Surveior semoga dapat melaksanakan tugas dengan lancar," ucapnya.

Artha menambahkan, Karangasem saat ini memiliki 12 Puskesmas yang tersebar pada 8 kecamatan. Pada tahun 2017 sudah dijadwalkan 7 Puskesmas harus sudah terakreditasi.

Tetapi di lapangan baru bisa terlaksana 3 akreditasi Puskesmas. Hal ini akibat dari bencana erupsi Gunung Agung sehingga terpaksa menunda akreditasi 4 Puskesmas termasuk Puskesmas Bebandem dan Puskesmas Abang I.

Pihaknya menegaskanPemerintah Daerah Kabupaten Karangasem mendukung penuh kegiatan ini sesuai Permenker 46 tahun 2015, agar kedepannya Puskesmas bisa memberikan pelayanan bermutu kepada masyarakat.

"Sesuai Permenkes 46 Tajun 2015 bahwa Pemerintah Daerah berkewajiban mendukung, memotivasi, mendorong dan memperlancar proses pelaksanaan akreditasi Puskesmas. Kami Pemerintah Kabupaten Karangasem, sangat mendukung baik dari segu moril maupun pendanaan, dengan harapan Puskesmas bisa memberikan pelayanan yang bermutu kepada masyarakat," imbuhnya.

Surveior dari Jawa Timur, Bambang Irawan, menegaskan menghimbau kepada pihak Puskesmas untuk ikuti serta memenuhi setiap hal dalam kegiatan ini mulai tanggal 21-28 Oktober 2018 agar dapat berjalan lancar.

Pada acara yang diselenggarakan di Taman Ujung Resort and Spa ini, turut hadir pula Dr. Soemadi Hadiyanto, SKM.M.Kes dari Papua bersama dr. I Nade Suardiyasa, MPH dari Sulawesi Tengah sebagai Tim Surveior.

Hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, dan Kepala Puskesmas Bebandem dan Abang I beserta staf. Pada akhir acara dibacakannya surat pernyataan kesiapan Puskesmas untuk melaksanakan akreditasi oleh Kepala Puskesmas Bebandem, drg. I Gusti Ayu Sukaningsih. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi