Sosialisasi Serentak Lima Kota, UangTeman Dorong Inklusi Keuangan

Kamis, 18 Oktober 2018 : 20.47
ilustrasi
DENPASAR - UangTeman melakukan sosialisasi serentak di 5 kota melalui kerja sama dengan ojek online dengan berkonvoi keliling kota sebagai bentuk komitmen dalam upaya mendorong tingkat inklusi keuangan di Indonesia.

CEO dan Co-Founder UangTeman Aidil Zulkilfli menegaskan komitmennya tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah guna mendukung tingkat inklusi keuangan di Indonesia.

"Pelaksanaannya bertepatan momen Bulan Inklusi Keuangan yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” tutur Aidil dalam keterangan tertulis diterima Kabarnusa.com, Kamis (18/10/2018).

Pada kegiatan kali ini, puluhan pengemudi ojek online turut berpartisipasi dalam mensosialisasikan teknologi keuangan kepada masyarakat.

Sosialisasi serentak di lima kota masing-masing Surabaya, Semarang, Bali, Yogyakarta, dan Palembang. Konvoi Bersama pengemudi ojek online ini juga merupakan bagian dari kegiatan roadshow 11 kota yang sudah diselenggarakan sejak akhir September 2018 lalu.

Aidil berharap melalui kegiatan ini, masyarakat bisa lebih mengenal teknologi keuangan (fintech) serta dapat mengoptimalkan layanan tersebut. “Tentu dengan kemudahan layanan dan aksesnya, fintech bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat yang makin dinamis akhir-akhir ini,” kata Aidil.

Berdasarkan data dilansir OJK, tingkat literasi keuangan Indonesia hingga 2017 lalu baru mencapai 69%. Namun persentase tersebut terus mengalami peningkatan dibanding 2013 yang sebesar 59%.

Pemerintah melalui Peraturan Presiden Strategi Nasional Keuangan Inklusif yang ditandatangani Presiden Joko Widodo menargetkan tingkat inklusi keuangan pada 2019 mencapai 75%.

Menurut Aidil, saat ini masyarakat mulai memanfaatkan layanan fintech untuk pemenuhan kebutuhan usaha mereka. UangTeman sendiri pada 2018 ini sudah mencairkan sekitar 160 ribu permohonan pinjaman, yang 30% pengajuannya ditujukan untuk kebutuhan usaha.

Hal itu menjadi indikator bahwa layanan fintech mulai dioptimalkan secara baik oleh masyarakat dan pelaku usaha, sesuai arah kebijakan pemerintah. Pihaknya meyakini jika layanan fintech, khususnya P2P lending, bisa dimanfaatkan dengan baik, maka bisa memberikan pengaruh positif kepada kebutuhan nasabah.

"Secara umum tentu saja akan ikut berkontribusi pada perekonomian Indonesia,” sambung Aidil. Sosialisasi di lima kota ini, merupakan bagian aktivitas roadshow 11 kota yang digelar tiap pekan kedua dan ketiga selama September – November 2018.

Mengusung tema, Untung Kilat Berlipat UangTeman itu digelar di Royal Plaza (Surabaya), Paragon Mall (Semarang), Level 21 (Bali), Ambarrukmo Plaza (Yogyakarta), Palembang Square (Palembang), Malang Town Square (Malang), BEC (Bandung), Mal Panakkukang (Makassar), ITC Depok (Depok), Simpur Center (Lampung), dan Jambi Prima Mall (Jambi). (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi