Sesak Nafas Usai Diving, Nyawa Bule Amerika Tak Tertolong

Kamis, 04 Oktober 2018 : 19.56
Warga dan petugas mengevakuasi korban warga Amerika yang meninggal usai menyelam di Nusa Penida
KLUNGKUNG - Nyawa Anthony Gramer 71 warga Amerika Serikat tidak tertolong lantaran mengalami sesak nafas usai melakukan diving atau menyelam di sekitar Pelabuhan Krsital Bai, Nusa Penida, Klungkung.

Insiden merenggut nyawa korban terjadi Kamis (04/10) pukul 10.30 wita. Saat itu korban bersama guide Elvis Becker Tombokan (28) tinggal di Perumahan Subagan, Karangasem. Bersama rombongan pergi dari Padang Bai pukul 08.30 Wita menuju Nusa Penida Klungkung menggunakan boat panorama 4 dikemudikan Mangku Nengah Putra (48) asal Padang Bai.

Tiha di perairan Nusa Penida. langsung menyelam selama 20 menit dan naik ke permukaan. Pada saat itu korban duduk dan muntah muntah. "Saya sempat mengambilkan oksigen karena korban nampak seperti sesak", ujar elvis.

Saat oksigen dipasang korban, sempat menghirup dan bisa berbicara seperti biasa. Pada pukul 10.15 korban diajak kembali ke Padang Bai. Saat di perjalanan di tengah laut korban kembali mengalami sesak nafas.

Elvis dan beberapa orang berusaha menolong korban dengan cara menekan bagian dada dan membuat nafas buatan. Namun kondisi korban semakin memburuk bahkan pingsan. Di tengah perjalanan dengan boat ke arah Padang Bai, setelah dibawa turun dari kapal kemudian diistirahatkan di bale bale sembari memberikan pertolongan.

Pertolongan terus dilakukan dengan cara menekan dada korban dan memberikan oksigen akan tetapi korban masih tidak sadarkan diri. Karena kondisinya memburuk langsung di larikan ke Puskesmas Ulakan di manggis untuk mendapatkan pertolongan tambahan.

Saat akan ditangani dokter nyawa korban sudah tidak tertolong. Kasusnya ditangani Sat Pol Air Polres Klungkung. "Kami masih dalami sebab korban muntah muntah dan pingsan," ujar Ipda I Gede Yasa. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi