Ribuan Warga Saksikan Gelar Budaya Sedekah Laut di Cilacap

Jumat, 12 Oktober 2018 : 22.01
Tradisi budaya sedekah laut di Kabupaten Cilacap
CILACAP - Ribuan warga antusias menyaksikan prosesi gelar budaya sedekah laut yang dipimpin Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Jumat (12/10/2018). Turut hadir Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut ( Danlanal ) Cilacap Lantamal V Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo didampingi Ketua Cabang 3 Korcab V DJA II mengenakan busana adat.

Prosesi gelar budaya sedekah laut diawali di Pendopo Pemkab Cilacap Jl. Jend Sudirman kec Sidanegara kab. Cilacap. Jum’at (12/10 ). Ribuan orang turut hadir meramaikan tradisi itu berasal dari kalangan masyarakat umum/nelayan dan dari berbagai intansi pemeritah.

Gelar sedekah laut diawali penyerahan secara simbolis oleh Bupati Tatto kepada pimpinan pengawal joleng /sesaji di depan Pendopo Kabupaten Cilacap.

Bbarisan pengawal joleng yang terdiri dari 8 (Delapan) rukun nelayan di Kabupaten Cilacap kemudian membawa semua joleng yang telah disiapkan dengan diarak menuju ke laut yang diiringi okesenian kesenian tradisional.

Rute perjalanannya melewati Jl. A.Yani – Jl. Sutoyo – Jl. .Laut berakhir di obyek wisata Pantai Teluk Penyu.

Setelah sampai di Pantai Teluk Penyu Cilacap, joleng (sesaji) diserahkan kepada tim pelarung dan selanjutnya dilarung ke laut oleh para nelayan sebagai simbol rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. (yud)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi