Pemkot Bandung Ingin Revitalisasi Pasar Seperti di Denpasar

Rabu, 24 Oktober 2018 : 15.36
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat berkunjung ke PD Pasar Kota Denpasar
DENPASAR - Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana ingin meniru keberhasilan Pemkot Denpasar dalam revitalisasi pasar-pasar tradisional. Untuk itu, Yana datang khusus ke Kota Denpasar untuk meninjau langsung prosesi program revitalisasi pasar rakyat di Kota Denpasar.

Kehadiran Yana dan rombongan Rabu (24/10)/2018 didampingi direksi Perusahaan Daerah (PD) Pasar Bermartabat Kota Bandung diterima Direktur PD Pasar Kota Denpasar, I.B Kompyang Wiranata, bersama Kepala Bidang Perdagangan, Disperindag Denpasar Laksmi Saraswati di Kantor PD Pasar kawasan Pasar Suci Sari Jaya Denpasar.

“Kami mengetahui Pemkot Denpasar bersama PD Pasar Denpasar telah mampu dan sukses merevitalisasi pasar rakyat yang ada, tentu dari kehadiran kami disini ingin melakukan studi tiru dari keberhasilan yang telah dilakukan sehingga pasar rakyat dapat tumbuh dengan baik dan maksimal dalam omset,” ujar Yana.

Dalam pertemuan ini, diharapkan disampaikan kiat-kiat sukses yang telah dilakukan hingga mendapatkan program Tugas Pembantuan (TP) dari Kementerian Perdagangan RI.

“Seperti kejadian kebakaran Pasar Badung yang langsung mendapatkan respon cepat dari Pemkot Denpasar melakukan koordinasi ke pemerintah pusat dan langsung melakukan perbaikan,” ujarnya.

Pihaknya juga mengaku bahwa terdapat dua pasar di Kota Bandung yang terkena musibah kebakaran. Sehingga kiat sukses yang telah dilakukan Denpasar ini, dapat dilakukan menjadi bahan acuan untuk merevitalisasi pasar-pasar di Kota Bandung.

Direktur PD Pasar Kota Denpasar, I.B Kompyang Wiranata langkah yang dilakukan tak terlepas koordinasi dan komunikasi yang dilakukan bersama eksekutif, dan legislatif. Dengan begitu dapat memulihkan kembali roda perekonomian yang berada di pasar rakyat sesuai dengan harapan Walikota Denpasar dan Wakil Walikota Denpasar.

Kepala Bidang Perdagangan, Disperindag Denpasar Laksmi Saraswati mengatakan bahwa sampai saat ini terdapat 33 pasar rakyat yang sudah mendapatkan program revitalisasi.

Program ini dilakukan melalui dana TP dari pemerintah pusat dan juga dari APBD Kota Denpasar. Tercatat sejak tahun 2011 hingga 2018 pemerintah pusat memberikan perhatian kepada program revitalisasi pasar rakyat di Kota Denpasar.

Pada tahun ini Pasar Badung dan Pasar Kertha Waringin Sari Anggabaya yang mendapatkan bantuan dana TP. Dengan revitalisasi pasar ini dapat menjadikan pasar sebagai sektor penggerak ekonomi kerakyatan dan meningkatkan geliat ekonomi serta menambah omset yang maksimal. (des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi