Lantamal V Buka Posko Bantuan Korban Bencana di Sulawesi Tengah

Selasa, 02 Oktober 2018 : 23.29
SURABAYA - Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) segera membuka Posko Peduli Bencana dan mengirimkan personel yang tergabung dalam Satgas Kesehatan TNI AL yang berangkat dengan menggunakan KRI SHS-990 untuk membantu korban bencana di Palu, Sigi dan Donggala.

Komandan Lantamal V Laksaman Pertama TNI Edwin menegaskan itu saat dikonfirmasi di Posko Peduli Bencana Palu, Sigi dan Donggala Lantamal V di Gedung Serbaguna, Mako Lantamal V, Jl. Laksda M. Nazir No. 56 Surabaya, Selasa (2/10/2018).

Lantamal V telah menginformasikan keberbagai elemen masyarakat di Surabaya tentang dibukanya Posko Bantuan untuk warga Palu, Sigi dan Donggala melalui medsos dan radio.

"Alhamdulillah responnya positif, hari ini mulai banyak bantuan yang berdatangan untuk menitipkan bantuannya berupa air mineral, makanan ringan, beras, selimut, pakaian, perlengkapan sholat, kelengkapan wanita, susu bayi dan lainnya," terangnya.

Bila tidak ada halangan sore ini atau besok akan diberangkatkan KRI Surabaya-591 menuju Palu untuk bantuan tahap pertama dan dalam waktu dekat akan ada KRI lagi yang digerakkan menuju lokasi.

Selain itu, akan tetap buka Posko ini karena melihat kebutuhan masyarakat dan kondisi kerusakan yang cukup parah. Kebutuhan-kebutuhan saudara-saudara kita cukup banyak, sehingga ini tidak bisa diputus dalam jangka waktu satu atau dua hari saja.

"Posko ini akan dibuka dalam beberapa hari atau beberapa minggu kedepan, mudah-mudahan bantuan-bantuan kebutuhan saudara-saudara kita di Palu bisa diakomodir melaui posko Lantamal V ini," harapnya.

Pihaknya mengirimkan personel yang tergabung dalam Satgas Kesehatan yang terdiri dari dokter, para medis juga marinir sebanyak 42 personel.

Dari 42 itu 6 diantaranya tenaga dokter, 6 para medis dibantu oleh 29 pasukan Marinir dari Yonmarhanlan V Lantamal V untuk membantu proses evakuasi dan satu dari personel dari Dinas Penerangan Lantamal V.

Menurutnya, koordinator ada di Lantamal VI Makassar, Lantamal-Lantamal yang berada disekitar lokasi akan berkolaborasi di bawah komando Panglima Komando Armada II untuk rencana pergerakan personel maupun KRI.

Yang jelas saat ini akan membawa bantuan-bantuan yang ada ini dan juga akan membawa alat berat dari beberapa titik pemberangkatan untuk sampai ke Palu. KRI Surabaya akan bergerak dari Surabaya menuju Banjarmasin dan Balikpapan terlebih dulu, untuk mengangkut bantuan alat berat menuju Palu, Sigi dan Donggala. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi