HUT TNI, Pangdam Udayana Ajak Masyarakat Peduli Korban Bencana Alam

Jumat, 05 Oktober 2018 : 17.04
DENPASAR - Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto mengajak seluruh masyarakat untuk membangun kepedulian kepada korban bencana alam di sejumlah daerah di Tanah Air.

Pada 5 Oktober 2018, di tengah peringatan HUT ke 73 TNI, para prajurit TNI – Angkatan Darat (ss), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU) – sedang menjalankan tugas operasi di luar negeri untuk melaksanakan misi perdamaian dibawah bendera Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Peringatan HUT ke-73 TNI ini, bangsa Indonesia tengah diliputi rasa prihatin dan duka yang mendalam akibat terjadinya beberapa kali musibah bencana alam di sejumlah wilayah di Indonesia. Bahkan peristiwa gempa bumi juga terjadi di wilayah Kodam IX/Udayana, yaitu di Lombok dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Namun kita harus selalu bersyukur, karena apapun yang terjadi, ternyata kita masih diberikan kenikmatan dan kesempatan untuk bisa menolong saudara-saudara kita yang sedang mengalami musibah dan kesusahan serta memerlukan bantuan uluran tangan kita," ajak Panglima.

Ditambahkan Panglima, perayaan HUT ke-73 TNI kali ini dilakukan secara sederhana, namun tetap sarat dengan makna di tengah-tengah keprihatinan bangsa.

Didampingi Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto, Jenderal Benny mengingatkan kepada seluruh komponen bangsa untuk selalu mengenang, menghormati, dan menghargai jasa dan perjuangan para pahlawan kusuma bangsa juga para Veteran.

Kepada para Veteran yang saat ini masih menikmati kemerdekaan ini, meskipun negara ini belum bisa memberikan yang terbaik, namun bersama jajaran terus mengajak dan mengingatkan, bagaimana kita harus berterima kasih dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dengan cara memelihara dan merawat para Veteran.

"Tolong jangan lupakan perjuangan para Veteran ini, sekecil apapun mereka mempunyai andil untuk kemerdekaan ini yang begitu besar nikmatnya kita rasakan selama ini,” harap Pangdam.

Terkait hal ini, Pangdam mengajak ratusan prajurit TNI, PNS, Ketua Dharma Pertiwi Daerah “J” beserta pengurus dan anggota melakukan ziarah dan tabur bunga ke 890 pusara para pahlawan kusuma bangsa di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta, Tabanan.

Ziarah ini sebagai momentum yang sangat tepat untuk memberikan penghormatan dan mengenang jasa para pahlawan yang rela berkorban jiwa raga demi merebut kemerdekaan bangsa Indonesia.

Hal ini, sekaligus memohon restu, agar mewarisi jiwa patriotisme dan kepahlawanan untuk melanjutkan perjuangan mereka.

Jenderal TNI AD bintang dua itu juga menyampaikan, momentum HUT KE-73 TNI, pihaknya terus menanamkan nilai-nilai kebangsaan, khususnya kepada para prajurit TNI sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih kepada para pahlawan dan pejuang pendiri kemerdekaan bangsa ini.

Rangkaian kegiatan dalam memperingati 73 tahun TNI, diantaranya donor darah, penghijauan dan bhakti sosial kesehatan di Banjar Toya Bungkah, Kintamani, Bangli. “Serta rehab rumah Veteran yang tidak layak huni sebagai bentuk rasa terima kasih kami kepada para anggota Veteran,” demikian Pangdam. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi