Demo di Konjen AS, Aliansi Mahasiswa Papua Tolak Pertemuan IMF- WBG

Kamis, 11 Oktober 2018 : 14.05
DENPASAR - Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) Komite Kota Bali menggelar demonstrasi di sekitar Kantor Konsulat Jenderal Amerika Serikat guna menyuarakan penolakan terhadap pertemuan IMF dan World Bank Grup (WBG).

Puluhan massa, bergerak dari Parkir Timur Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar ke kantor Konjen Amerika di kawasan Renon Denpasar, Kamis (11/10/2018). Sembari melakukan longmarch, mahasiswa berorasi meneriakkan yel-yel penolakan pertemuan IMF dan Bank Dunia yang dihadiri sekira 34 ribu orang delegasi daru 189 negara.

Mahasiswa juga membentangkan spanduk bertuliskan 'Tolak AM IMF-WB, Hak Menentukan Nasib Sendiri sebagai Solusi Demokratis Bagi Bangsa Papua', 'Tolak, Tanah untuk Rakyat Bukan untuk Investor', 'Tolak, Bubatkan IMF-World Bank' dan 'Hentikan Intimidaai Kepada Rakyat'.

Hanya saja, saat akan mendekat di Kantor Konsul Jenderal Amerika Serikat, di Renon, mereka keburu dihadang pecalang atau satuan pengamanan desa pekraman, massa sebuah perguruan kebatinan serta aparat kepolisian.

Setelah negosiasi alot dan menegangkan, akhirnya massa membubarkan diri kembali ke titik kumpul semula sembari dikawal ketat aparat keamanan dan pecalang. Di sela aksi, Korlap Jeeno Dogomo menegaskan, pertemuan IMF-World Bank dinilai sarat intervensi.

Untuk itu pihaknya meminta hak kebebasan untuk menentukan nasib sendiri bagi rakyat Papua. "Kami menolak pertemuan IMF-World Bank dan menuntut diberikan kebebasan dan hak menentukan nasib sendiri sebagai solusi demokratis bagi rakyat Papua," tandas Jeeno. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi