Delegasi IMF-Bank Dunia Borong Batik Keris dan Cicipi Kuliner Bali

Sabtu, 13 Oktober 2018 : 23.44
Suasana pembukaan Discover Wonderful Indonesia di Ampitheater Discovery Shopping Mall Kuta
BADUNG - Di sela kegiatan pertemuan IMF dan Bank Dunia di Nusa Dua para delegasi menyempatkan diri berbelanja dan berwisata di sejumlah tempat menarik salah satunya di Discovery Shopping Mall (DSM) Kuta di mana produk batik keris menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak diburu.

Menurut General Manager DSM Gustaf Riandory sejak beberapa hari terakhir, minimal 5 sampai 10 tamu VIP datang ke DSM untuk berbelanja oleh-oleh. "Paling banyak mereka membeli batik keris dan oleh-oleh lainnya," ujar Gustaf di sela acara Discover Wonderful Indonesia di Amphiteater DSM Kuta, Sabtu (13/10/2018).

Bahkan beberapa orang Paspampres datang membelikan oleh-oleh kepada pimpinan sejumlah negara seperti Bangladesh, Tanzania, Irak dan Pakistan.

Untuk memberikan pelayanan dan kemudahan bagi para delegasi maupun bagian rumah tangga masing-masing negara peserta pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia di Nusa Dua 8-14 Oktober 2018, pihaknya menyiagakan petugas LO (Liasion Officer) terlatih yang ditempatkan di titik-titik strategis seperti pintu masuk DSM dan Hotel Discovery Kartika Plaza.

Para LO ini memberikan informasi tempat-tempat wisata di Bali maupun di properti kami termasuk adanya event yang tengah digelar di Atrium dan Ampitheater. Adapun event yang digelar berupa pameran produk kuliner nusantara maupun produk busana seperti batik yang merupakan kazanah budaya nusantara.

Dalam pameran itu, turut tampil para desainer dan perancang busana yang kian menambah kesemarakan ajang yang juga dimaksudkan untuk melengkapi gelaran pertemuan IMF dan Bank Dunia.

Pameran ini merupakan rangkaian kegiatan Indonesia Culinary & Shopping yang digelar di mall-mall seluruh Indonesia. Melalui pameran itu, banyak tamu asing dan domestik datang, mereka ingin merasakan kuliner nusantara yang merupakan kekayaan nusantara dan bagian dari budaya.

"Kami siapkan 150 hidangan bagi semua tamu yang datang secara gratis, mereka bisa mencicipi sehingga nantinya mereka tahu kuliner kita," imbuhnya sembari menambahkan ajang ini bisa mendongkrak kunjungan 5 sampai 10 persen.

Gustav menyebutkan, ajang kuliner ini dimulai tanggal 9-19 oktober 2018 guna menyambut para delegasi IMF dan Bank Dunia, sekaligus merupakan rangkaian acara Wond Festival (WiCSF). Ajang WICSF digelar di 121 mall di seluruh Indonesia termasuk di Bali.

Pengunjung bisa menikmati tarian tarian Indonesia dan juga menikmati sajan kuliner sepeerti seperti nasi uduk betawi, sate babi, nasi cam bakso, nasi goreng, sop ayam lain-lain termasuk beragam minuman seperti es daluman.

Pihaknya ingin ikut ambil bagian dalam menyambut pertemuan IMF-World Bank Di Bali, melalui rangkaian acara yang mengangkat keanekaragaman budaya nusantara diantaranya Culinary&Culture Festival yang menghadirkan kelezatan kuliner nusantara dan atraktifnya kebudayaan nusantara,

"Batik Festival menghadirkan keunikan batik nusantara dan shopping festival yang menghadirkan diskon hingga 70 % hingga program belanja berhadiah souvenir khas Indonesia," imbuhnya. Kepala Dinas Pariwisata Badung I Made Badra hadir membuka kegiatan mengapresiasi atas apa yang dilakukan DSM sebagai bagian upaya mendatangkan wisatawan.

"Pemkab Badung melalui Dinas Pariwisata, mendukung penuh kegiatan semacam ini, mari kita jaga kebersamaan bagaimana mengenalkan, mempromosikan pariwisata kuliner dan budaya ke luar negeri," tuturnya.

Dijelaskan, Badung saat ini gencar mempromosikan pariwisata Bali ke beberapa negara termasuk pariwisata di Kuta, yang menjadi destinasi lifestyle lewat tempat-tempat clubbing dan kulinernya.

"Kegiatan promosi pariwisata jangan sampai putus, tahun ini kita targetkan 7 juta wisatawan asing datang ke Badung, salah satunya mendorong pariwisata lifestyle agar wisatawan bisa lebih lama tinggal sehingga bisa lebih banyak berbelanja," sambungnya.

GM Discovery Shopping Mall Gustav Riandory
Dalam ajang itu, digelar Discovery Batik festival sebagai event fashion yang menampilkan koleksi batik dari 2 anchor tenant Discovery Shopping Mall yaitu Sogo Departement Store Departement Store serta karya para designer kenamaan Bali seperti Sintha Chrisa Weber, Dian Retma dan Batik Agung Wibowo.

Acara ini, diisi karya Kendran, desainer muda Bali yang sudah mendunia. Selain itu hadir 10 finalis puteri Indonesia 2018 yang akan memperagakan karya para designer tersebut.

Pengunjung juga dihibur penampilan Gus Teja, musisi Bali yang mengharumkan nama Indonesia dengan karya-karyanya yang akan memberikan penampilan terbaik saat menutup acara Discover Wonderful Indonesia yang disemarakkan penampilan karya desainer dan karnaval yang memperagakan karya-karya Indonesia.

Kegiatan ini, merupakan kerja sama dengan Discovery Kartika Plaza Hotel dan Artha Graha Peduli dengan menjadikan kawasan sekitar mall dan hotel, sangat aman dan nyaman untuk dikunjungi untuk pengunjung dan delegasi IMF.

Mulai dari area depan hotel ada pameran dari UMKM sekitar kuta dan pusat kesehatan masyarakat bekerjasama dengan TNI, Bahkan di setiap pintu masuk mall ada Liaison Officeryang telah melewati proses pelatihan khusus meliputi, hosptality product knowledge bahkan untuk menghadapi keadaan darurat. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi