Bank Dunia Apresiasi "Big Data" Perencanaan Pembangunan Kota Denpasar

Selasa, 16 Oktober 2018 : 18.30
Delegasi Bank Dunia mengunjungi Damamaya Cyber Monitoring di Mal Pelayanan Publik Kota Denpasar
DENPASAR - Direktur City Planinng Labs (CPL) World Bank Gayatri Singh menyampaikan Pemerintah Kota Denpasar telah mampu menyediakan big data melalui program aplikasi Geoportal. Program aplikasi itu merupakan kerja sama Pemkot Denpasar dengan World Bank.

Dalam kesempatan itu Gayatri dan Delegasi IMF World Bank meninjau tiga lokasi yakni Dangin Puri Kangin, Tukad Bindu Kesiman, dan di Denpasar Damamaya Cyber Monitor, Gedung Mal Pelayanan Publik Graha Sewaka Dharma Lumintang, Selasa (16/10/2018).

Gayatri mengkunjungi Denpasar Damamaya Cyber Monitor. Kehadirannya mengapresiasi Pemerintah Kota Denpasar yang telah mampu menyediakan big data melalui program aplikasi Geoportal yang berkerjasama dengan World Bank.

Menurutnya Denpasar mampu mengembangkan data tersebut. Hal ini dapat dilihat langsung dari Damamaya Cyber Monitor.

"Pemkot Denpasar sudah luar biasa dan merupakan kota pertama di Indonesia yang telah mampu mengembangkan big data melalui Geoportal. Saya harapkan data ini terus diperbaharui sesuai dengan perkembangan kota," ujar Gayatri.

Adanya big data ini, ia mengaku dapat mewujudkan Denpasar sebagai Kota Smart City. Tujuan penyediaan big data ini adalah untuk melakukan pembangunan secara menyeluruh, karena banyak permasalahan kota yang dapat dilakukan perencanaan dengan baik.

Ini dibutuhkan data yang benar-benar akurat, sebagai contoh dalam program mengatasi kemacetan, hingga pergerakan penduduk.

"Dengan data ini dapat menghindari perencanaan pembangunan yang tidak sesuai dengan sasaran, serta data yang akurat melalui smart city akan lebih mampu menampilkan angka pasti untuk pelaksanaan pembangunan," imbuhnya.

Damamaya Cyber Monitor merupakan pusat kontrol di Kota Denpasar dimana salah satu aplikasi dan situs yang ada adalah pusat geoportal yang merupakan situs yang menyajikan data baik berbentuk tabel dan berbasis sparsial.

Aplikasi Geoportal Kota Denpasar ini mulai dibangun tahun 2015 bekerjasama dengan World Bank ini merupakan salah satu upaya Kota Denpasar untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan publik dalam memproleh data berbasis keuangan yang dapat menunjukan lokasi dan letak posisi suatu objek.

Dengan Geoportal itu, warga da[at mengakses hampir semua data di Kota Denpasar seperti data tabel dan sparsial. Dengan demikian maka akan lebih riil melihat perkembangan kota kedepan. (des)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi