Tahun Baru Hijriyah, Warga Muslim Denpasar Jalan Sehat dan Santuni Duafa

Selasa, 11 September 2018 : 17.50
Pemberian santunan kepada kaum Dhuafa dalam menyambut datangnya Tahun Baru 1440 Hijriyah di Mushola Silaturahmi Denpasar Bali
DENPASAR - Datangnya 1 Muharran Tahun Baru 1440 Hijriyah disambut suka cita kaum muslim termasuk Jamaah Mushola Silaturahmi Perumahan Monang Maning, Desa Tegal Harum Denpasar Barat yang menggelar serangkaian kegiatan mulai jalan sehat hingga santunan kepada kaum duafa.

Ratusan warga mulai anak-anak hingga orang tua membaur bersama dalam kegiatan guna menyemarakkan datangnya 1 Muharram lewat kegiatan yang digelar Remaja Islam Mushola Silaturahmi (Rismala) Jalan Gunung Patuha Gang 6 NOmor 107 Banjar Sanga Agung Desa Tegal Harum, Selasa (11/9/2018).

Sejak pagi, warga berpakaian santai olag raga langsung berjalan kaki mengikuti jalan sehat keliling Perumahan Monang Maning hingga kembali ke Mushola Silaturahmi. "Kami ingin melalui kegiatan ini, umat Islam semakin meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT," ujar Ketua Rukun Warga Muslim (RWM) setempat Ramly Effendy.

Selain itu, ajang ini diharapkan mampu untuk memupuk tali silaturuhami antar umat Islam dan antar umat bergama lainnya. Pihaknya ingin, peringatan 1 Muharam ini, bisa mendorong rasa kepedulian terhadap sesama terutama mereka kaum duafa yang kondisinya perlu mendapat uluran tangan sesama.

Demikian juga, aksi sosial digelar donor darah bekerjasama dengan PMI RSUD Wangaya Denpasar untuk selanjutnya kantong darah yang terkumpul oleh PMI diberikan mereka yang membutuhkan.

Tak ketinggalan, suasana suka cita menyongsong Tahun Baru Islam ini disemarakkan dengan berbagai kegiatan lomba bagi anak-anak SD dan SMP seperti lomba azan, hafalan surat pendek hingga lomba menggambar.

"Intinya melalui peringatan ini, kami ingin untuk kebersamaan baik antar umat ISlam dan umat beragama laiannya," sambung Ramly.

Kebersamaan ini tidak sebatas wacana sebab dalam menyemarakkan peringatan 1 MUharram ini, donator tidak hanya datang dari umat Islam namun juga mendapat dukungan dari umat beragama laiannya. Demikian juga, acara ini dihadiri tokoh adat setempat dan umat lainnya.

Semarak kegiatan lomba-lomba dalam menyambut 1 Muharram di Mushola Silaturahmi Desa Tegal Arum Denpasar Barat
Dalam kesempatan itu, Pembina Rismala Miftachur Rohman menambahkan, momentum tahun baru Islam ini, diharapkan bisa membawa peningkatan kehidupan dan spririt keagamaan yang lebih baik dibanding sebelumnya.

"Harapan kami bisa jauh lebih dari yang kurang baik semain baik, sesuai spirit 1 Muharram, tentunya bisa lebih baik kedepanya," sambung tokoh pemuda Monang Maning itu.

Rohman menegaskan, kegiatan yang digalang anak-anak muda sebagai kaum millenial ini cukup positif sehingga ke depan mereka bisa semakin lebih mempererat tali silaturahmi mengisi kehidupan mereka dengan kegiatan positif.

Tak kalah pentingnya, melalui kegiatan yang dihadiri tokoh masyarakat Bali I Gede Sugianyar dan Ketut Resmiyasa ini, bisa mempertebal kepedulian terhadap sesama baik terhadap umat Islam maupun umat beragama lainnya di Denpasar dan Bali umumnya.

"Kegiatan ini membuktikan kaum millenial bisa lebih berperan untuk membuktikan rasa persatuan dan kesatuan di lingkungan kami, berbaur bersama dengan umat Islam dan antarumat beragama lainnya," imbuh Rohman yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial keagamaan ini.

Pelibatan elemen masyarakat lainnya seperti pecalang desa adat dan umat beragama lainnya yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, menunjukkan terbangunnya rasa persaudaraan dan mempererat silaturahmi semua elemen masyarakat dalam menjaga NKRI.

Ia menegaskan, jalan sehat yang melibatkan anak-anak sampai ibu-ibu ini bertujuan selain mempererat silaturhami juga untuk menjaga kesehatam diri. Demikian juga, untuk lomba-lomba yang diadakan tak lain untuk melatih anak usia dini dalam mengembangkan kreativitas mereka. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi