Pembangunan Infrastruktur Dorong Ekonomi Bali, BI Prediksi Pertumbuhan 6,3 Persen

Sabtu, 22 September 2018 : 01.18
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Bali Causa Iman Karana (kanan) bersama Ketua Ombudsman Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab
DENPASAR - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali, Causa Iman Karana memprediksi perekonomian Bali sampai akhir tahun ini dalam kisaran antara 5,9 persen hingga 6,3 persen.

Membaiknya ekonomi Bali itu tak lepas dari dampak langsung dan tak langsung dari hajatan penting
Pertemuan IMF-World Bank pada Oktober di Nusa Dua Kabupaten Badung. Iman menambahkan, ada dua faktor utama yang membuat ekonomi Bali mengalami petumbuhan tajam.

Pertama, pulihnya kondisi pariwisata Bali pasca-krisis Gunung Agung. Saat ini, kondisi pariwisata Bali dalam tahan recovery usai erupsi Gunung Agung. Disebutkan, hingga Agustus 2018 ada 4,1 juta turis yang masuk melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai. Belum lagi yang masuk melalui pintu lainnya.

"Itu salah satu pendorong pertumbuhan perekonomian Bali,” kata Iman saat dialog di Kantor Ombdusman Provinsi Bali, Jumat 21 September 2018. Dia melanjutkan, faktor kedua yang mendorong pertumbuhan ekonomi Bali adalah pertemuan Annual Meeting IMF-World Bank yang akan diselenggarkaan pada bulan depan.

Pihaknya akan mendorong perekonomian Bali dari tiga sisi yakni, konsumsi, investasi dan ekspor-impor.

Dari aspek konsumsi, para delegasi yang hadir akan melakukan belanja yang cukup besar di Bali. Sementara dari sisi investasi, ada banyak penanaman modal di bidang infrastruktur sebagai bagian dari penyelenggaraan pertemuan bergengsi tersebut.

Investasi itu di antaranya Underpass Ngurah Rai, perluasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, perbaikan TPA Suwung dan beberapa proyek lainnya. Dari sisi ekspor-impor, turis asing akan semakin banyak datang ke Bali. Hal itu menandakan bagian ekspor jasa yang ada di Bali.

Semua akan bergerak. Faktor-faktor itu yang kita yakini akan mendorong perekonomian Bali tumbuh menjadi 5,9-6,3 persen pada tahun ini. "Kami meyakini pertumbuhan ekonomi Bali di atas 6 persen dan lebih baik dari tahun lalu,” demikian Iman. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi