Pembahasan APBD Perubahan 2018 Karangasem Terancam Molor

Rabu, 05 September 2018 : 08.14
Ketua DPRD Karangasem Nengah Sumardi
KARANGASEM - Kepala Bapelitbangda Kabupaten Karangasem Sujana Erawan menyatakan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) sudah diserahkan ke DPRD Karangasem lengkap dengan posturnya.

Sujana menyampaikan itu dikonfirmasi sejauhmana pembahasan APBD Perubahan 2018. "KUA - PPAS sudah kita serahkan beserta Posturnya," kata Sujana, Selasa 4 September 2018. Meski pemerintah mengklaim sudah menyampaikan KUA dan PPASP namun menurut Ketua DPRD Karangasem, I Nengah Sumardi sampai Senin (3/9) belum menerimanya.

Karena itu, dia mengkhawatirkan pembahasan KUA dan PPAS terancam molor karena hingga saat ini pengajuan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) belum diserahkan ke DPRD Karangasem.

Saat ini, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) baru menyerahkan Kebijakan Umum Penggunaan Anggaran (KUPA), hanya saja KUPA yang diserahkan tidak disertai penjelasan Postur Rencana APBD perubahan.

Semestinya, ketika KUPA itu diserahkan juga disertai dengan Posturnya. Postur APBD ada tiga diantaranya, Dana Perimbangan Pusat, Dana Pendapatan Asli Darah dan Dana pendapatan lain lain lain yang sah.

"Semestinya penyerahan KUPA disertai Postur, tapi sampai saat ini belum kita terima," ujarnya. Dijelaskan, pembahasan Anggaran APBD Perubahan sudah dimulai pada bulan September sehingga untuk proses ketok palunya bisa dilaksanakan dengan cepat.

Jika pembahasan APBD Perubahan molor maka akan berpengaruh terhadap serapan anggaran yang menyebabkan anggran tak bisa dipergunakan dan menjadi silpa atau penyerapan anggaran tidak maksimal. (rhm)

Berita Terbaru

Saat ini 0 komentar :

Rekomendasi